Bingung Beli Rumah atau Tanah? Berikut 3 Perbandingannya!

Ketika beranjak dewasa, rumah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan. Terlebih, untuk mereka yang sudah berumah tangga, rasanya rumah menjadi hal wajib yang dimiliki. 

Namun, pada kenyataannya harga rumah tentunya memiliki harga yang sangat mahal. Sehingga, seringkali kita dihadapkan dengan dilema antara langsung membeli rumah atau membeli tanah yang harganya relatif lebih murah. 

Advertisement

Pada dasarnya, harga tanah jika dibandingkan dengan sebuah rumah, relatif jauh lebih murah. Karena, yang kita beli hanyalah sebuah tanah kosong tanpa bangunan. Namun, dilema lain yang dihadapi ketika membeli tanah adalah prosesnya sampai menjadi rumah yang seringkali dianggap sama saja dengan membeli rumah secara langsung.

Melalui artikel ini, untuk JAKartans yang sedang berada pada dilema tersebut, berikut perbandingan membeli rumah atau tanah:

  1. Harga Tanah Relatif Lebih Murah Dibandingkan Rumah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, harga tanah pada kenyataannya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan sebuah rumah. Namun, pada kenyataannya harga tanah di daerah perkotaan pun sudah memiliki harga yang cukup tinggi, meskipun masih di bawah harga dari sebuah rumah.

Dengan demikian, untuk JAKartans yang memilih untuk membeli tanah, upayakan tanah yang kalian beli berada di daerah pinggiran atau bahkan jauh dari perkotaan. Disisi lain, untuk JAKartans yang memilih untuk langsung membeli rumah, kalian dapat membeli rumah yang benar-benar kosong tanpa ada furniture untuk menekan biaya. 

Karena, hal utama yang paling krusial dalam membeli rumah baik yang berawal dari tanah kosong maupun sudah jadi adalah budget yang kita miliki.

BACA JUGA: Selain Gaya Hidup, Berikut 3 Alasan Mengapa Anak Muda Indonesia Kesulitan untuk Membeli Rumah

  1. Kepraktisan

Jika harga tanah memiliki keunggulan dibandingkan harga rumah, namun pada akhirnya membeli rumah jauh lebih praktis dibandingkan dengan membeli tanah. Ketika langsung membeli rumah, kita sudah dapat menempati rumah tersebut, berbeda dengan membeli tanah yang tentunya kita harus membangun rumah terlebih dahulu sebelum dapat menempati ‘tanah’ tersebut.

Namun. untuk JAKartans yang tidak berada pada posisi untuk segera memiliki rumah, rasanya membeli tanah dapat menjadi opsi terbaik jika dibandingkan dengan membeli rumah. Terlebih, dengan harga yang terus naik, membeli tanah dapat menjadi investasi di usia muda untuk JAKartans sendiri.

BACA JUGA: Pentingnya Membeli Rumah untuk Anak Muda: Investasi Masa Depan

  1. Desain

Salah satu keuntungan dari membeli tanah untuk dibangun rumah adalah kita dapat membangun rumah impian kita. Kita dapat mendesain rumah impian yang kita inginkan, mengatur tata letak pencahayaan, dan lain sebagainya. Di sisi lain, membeli rumah yang sudah tersedia pada dasarnya membuat kita ‘tunduk’ dengan desain yang sudah disediakan oleh developer. Sehingga, satu-satunya yang dapat dilakukan untuk memiliki rumah sesuai yang kita inginkan adalah dengan melakukan renovasi yang tentunya membutuhkan biaya yang besar. 

Dengan demikian, baik membeli tanah maupun langsung membeli rumah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, pada dasarnya pilihan tersebut dapat dilandasi dengan budget dan alasan kita membeli dua hal tersebut. Apabila kita ingin berinvestasi, membeli tanah tentu menjadi hal yang rasional. Namun, apabila kita membutuhkan tempat tinggal, membeli rumah tentunya menjadi alasan yang paling rasional.(*/)

(RRY) 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM