Kalah Lawan Spanyol: Erling Haaland Terancam Gagal Main di Euro 2024

Gahar bersama klub nyatanya tidak menjamin kesuksesan di negara. Erling Haaland yang sukses meraih treble winners di musim 2022/2023 bersama Manchester City, kini terancam untuk absen pada pagelaran Euro 2024 di Jerman. 

Haaland terancam absen di panggung Euro 2024 pasca kekalahan Norwegia melawan Spanyol pada kualifikasi Euro 2024. Bermain full 90 menit, Haaland dibuat tak berkutik oleh skuad ‘La Furia Roja’. Alhasil, dimatikannya Haaland akhirnya membuat Norwegia kesulitan mencetak gol. Spanyol di lain sisi, justru sukses memanfaatkan ‘matinya’ Haaland untuk mencetak gol. Gavi, pemain mudah Barcelona sukses mencetak gol pada menit 49 usai memanfaatkan kesalahan pemain Norwegia yang gagal membuang bola dengan sempurna. 

Advertisement

Terancamnya Haaland untuk tampil di Euro 2024 jelas menjadi pertanyaan besar. Padahal, selain Haaland, Norwegia pun diperkuat oleh gelandang kreatif milik Arsenal seperti Odegaard yang dirasa mampu menyuplai bola ke Haaland. Namun, tampaknya hal tersebut belum cukup untuk membantu Norwegia untuk lolos ke Euro 2024.

BACA JUGA: 4 Momen Menarik Eden Hazard selama Menjadi Pesepakbola 

Kegagalan Baru Pasca Piala Dunia 2022

Terancamnya Norwegia untuk gagal tampil di Euro 2024 rasanya bukanlah hal baru untuk negara dengan julukan ‘Lovene’ atau ‘singa’ tersebut. Pasalnya, sebelum kualifikasi Euro 2024 ini, Norwegia pun gagal lolos ke ajang Piala Dunia Qatar 2022. Padahal, kala itu ekspektasi pecinta sepak bola terhadap timnas Norwegia sangatlah besar. Hadirnya sosok Haaland, dan Odegaard dianggap mampu meningkatkan kualitas permainan timnas Norwegia sama seperti saat Ibrahimovic memperkuat timnas Swedia. Namun, pada kenyataannya, timnas Norwegia masih gagal untuk melaju ke babak final Piala Dunia Qatar 2022.

Kegagalan Norwegia untuk melaju ke Piala Dunia Qatar 2022 dan kini terancam untuk gagal bermain di Euro 2024 pun jelas memiliki pengaruh terhadap sosok pemain bintang seperti Odegaard dan terkhusu Haaland.

Haaland dianggap menjadi sosok pemain yang akan meneruskan legacy persaingan dua pemain terbaik dunia yang dulu ‘diperankan’ oleh sosok Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Kini, Haaland pun menjadi salah seorang pemain terbaik di dunia dengan bersaing dengan sosok Kylian Mbappe yang justru menuai kesuksesan bersama negaranya, yaitu Prancis dengan memenangkan Piala Dunia 2018. 

Terlebih, sosok Haaland baru saja memenangkan penghargaan UEFA Best Player in Europe pada tahun 2023 dan juga meraih treble winners bersama Manchester City. Sehingga, menjadi pertanyaan besar mengapa Haaland justru gagal membantu Norwegia untuk lolos ke Euro 2024. 

BACA JUGA: Pesepakbola Indonesia Hanya Menjadi Agenda Marketing Klub Luar Saja, Emang Iya? 

Bukti Sepak Bola bukan Olahraga ‘One Man Show’ 

Terancamnya Haaland untuk gagal lolos ke Euro 2024 makin membuktikan bahwa sepak bola adalah olahraga tim, bukan individu. Kualitas Haaland jelas tidak dapat diragukan lagi. Namun, Haaland bisa apa jika yang ‘hebat’ hanyalah dirinya sendiri. Memang, di skuad Norwegia pun terdapat sosok Odegaard, namun nyatanya hal tersebut belum cukup untuk membuat Norwegia menjadi hebat dari segi tim. Sehingga, setidaknya pemain-pemain Norwegia lain harus bisa step-up apabila sosok Odegaard atau Haaland gagal perform pada suatu pertandingan.

Pada akhirnya, sepak bola adalah olahraga kolektif yang dimainkan oleh 11 orang pemain di lapangan. Dan sebenarnya, mengandalkan satu orang sebagai pemain andalan bukanlah hal yang salah. Namun, pemain-pemain lainnya harus dapat memberikan performa terbaiknya juga, sehingga pemain andalan seperti Haaland dapat makin diandalkan.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM