3 Tempat Makan yang Sempat Viral di Indonesia

JAKartans, tidak terasa tahun 2023 tinggal menyisakan dua bulan lagi. Dan di sepanjang tahun 2023 ini berbagai tren muncul di Indonesia, tidak terkecuali tren mengenai tempat makan. 

Berbagai tempat makan nyatanya sempat menjadi tren di Indonesia. Mulai dari harga yang murah, antrean yang panjang, cabang yang ada di mana-mana, sampai ke experience pelayanan yang unik menjadi salah satu alasan mengapa tempat makan yang akan penulis sebutkan sempat menjadi tren di Indonesia. 

Advertisement

Lantas, apa saja sih sebenernya tempat makan yang sempat menjadi tren dan populer di Indonesia di sepanjang tahun 2023 ini? 

  1. Mixue

Mixue tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu brand makanan (es krim) terpopuler di Indonesia di sepanjang 2023 ini. Kemana pun kita pergi, sejauh apapun kita melangkah, ada Mixue di sana. 

Mixue sendiri merupakan perusahaan minuman dan es krim asal China yang berdiri pada tahun 1997. Mixue sendiri pertama kali didirikan oleh seorang mahasiswa bernama Zhang Hongchau dengan tujuan untuk membantu perekonomian keluarganya. Dan sejak saat itu, Mixue sukses menjadi brand minuman dan es krim yang sangat populer di Indonesia

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Cafe di Daerah Jakarta Pusat yang Wajib Kamu Datangi!

Kepopuleran Mixue sendiri sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 2022 yang lalu. Dan kini, keberadaan Mixue di tahun 2023 pun terus mengalami perkembangan di Indonesia. Dari riset yang dilakukan oleh Jason Alexander yang dia bagikan di akun LinkedIn pribadinya, per 27 Desember 2022, tercatat Mixue memiliki 692 cabang di Indonesia dengan cabang terbanyak berada di Jawa Barat dengan 189 unit. 

Salah satu hal yang membuat masyarakat Indonesia seringkali membeli Mixue adalah rasa ingin tahu mereka akan sesuatu hal yang viral. Selain itu, dari segi rasa pun banyak masyarakat Indonesia yang menilai rasa es krim dari Mixue adalah enak, dan juga harganya relatif murah jika dibandingkan dengan brand lain.

  1. Mie Gacoan

Pindah ke makanan berat, salah satu tempat makan yang sangat populer di Indonesia adalah Mie Gacoan. Salah satu faktor yang membuat Mie Gacoan menjadi salah satu tempat makan terpopuler di Indonesia pada tahun 2023 ini adalah keramaian dan antrean yang selalu diciptakan dari gerai-gerai miliki Mie Gacoan. 

Mie Gacoan sendiri merupakan anak usaha dari PT Pesta Pora Abadi dan sudah berdiri sejak tahun 2016. Awalnya, keberadaan Mie Gacoan hanya dapat ditemukan di Kota Malang, namun lambat laun kepopulerannya kini keberadaannya dapat dijumpai di berbagai kota di Indonesia.

Mie Gacoan sendiri mempunyai arti sebagai mie ‘andalan’. Sesuai dengan kata ‘gaco’ pada “gacoan’ yang memiliki arti sebagai ‘andalan’. Mie Gacoan pun mengusung tema makan modern dengan harga yang affordable. Sehingga, hal tersebut menjadi daya tarik dari Mie Gacoan. 

  1. Karen’s Diner

Jika biasanya kita akan disambut dengan hangat apabila mengunjungi restoran atau rumah makan, nyatanya di Karen’s Diner kita justru akan mendapatkan experience pelayanan yang jauh dari kata ramah. 

BACA JUGA: Sama-Sama tidak Makan Daging, Berikut 5 Perbedaan Vegan dengan Vegetarian 

Karen’s Diner merupakan suatu konsep tempat makan yang menjual experience terhadap pengunjungnya. Sebagai pelanggan, kita tidak akan ditreat sebagai raja, justru kita akan dibentak, dihina, dan akan mendapatkan perlakuan cenderung kasar dari pegawainya. 

Tentunya, treatment yang dilakukan di Karen’s Diner merupakan settingan. Namun, ketika dibawa ke Indonesia, konsep ini cukup membuat polemik di masyarakat Indonesia, karena pelayanannya seringkali dianggap terlalu berlebihan. 

Nah JAKartans, 3 tempat di atas adalah tempat makan yang sempat populer dan memiliki trennya tersendiri di Indonesia. Dari ketiga tempat makan tersebut, JAKartans sudah datang ke yang mana saja?(*/)

(RRY) 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM