5 Website untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Sebagai seorang pekerja, tentunya kita seringkali mencoba untuk mencari penghasilan sampingan atau side hustle untuk menambah penghasilan kita. Namun, seringkali job-job dari side hustle ini tidak kunjung datang. Terdapat beberapa alasan mengapa akhirnya pekerjaan sampingan tidak kunjung datang kepada kita. Mulai dari kitanya yang memang tidak mempromosikan keahlian kita, kita yang tidak memiliki relasi, sampai ke kita yang kurang proaktif dalam menawarkan keahlian kita.

Namun, dengan berkembangnya internet, rasanya mencari side hustle atau penghasilan tambahan rasanya menjadi lebih mudah. Kini, muncul web-web penyedia jasa freelance yang memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Advertisement

Melalui artikel ini, kami akan membagikan 5 website freelance yang dapat Jakartans akses untuk mencari penghasilan tambahan!

BACA JUGA: Ingin Mencari Side Hustle? Live di TikTok Jawabannya 

  1. Upwork

Upwork sendiri merupakan website freelance terbesar yang ada di internet. Melalui Upwork Jakartans dapat mencari berbagai ragam pekerjaan freelance yang memang sesuai dengan keahlian Jakartans. Upwork menawarkan berbagai lini pekerjaan mulai dari content writer, graphic designer, web developer, sampai ke translator pun nyatanya tersedia di Upwork. 

Bagi Jakartans yang berminat untuk mencari penghasilan sampingan di Upwork, Jakartans dapat melakukan penawaran ke pekerjaan yang diminta oleh klien. Sama dengan mencari pekerjaan pada umumnya, Jakartans nantinya akan diminta untuk mengirimkan proposal kerja, portofolio, CV, dan berbagai dokumen penunjang lainnya. Kalau klien tertarik dengan portfolio Jakartans, nantinya Jakartans akan diundang untuk melakukan interview dengan klien tersebut. 

  1. Fiverr

Pernahkah Jakartans melihat video orang random mengirimkan ucapan ulang tahun ke teman atau kenalan Jakartans? Kalau pernah, bisa jadi orang random tersebut merupakan freelancer dari Fiverr.

Fiverr sendiri merupakan website yang menyediakan aneka ragam jenis pekerjaan. Mulai dari pekerjaan yang umum, sampai pekerjaan-pekerjaan yang dapat membuat kita berkata, “Kok ada ya pekerjaan kaya gini?”. 

Berbeda dengan Upwork yang harus membuat kita proaktif untuk mendapatkan pekerjaan. Fiverr justru membuat para freelancernya menunggu untuk dihubungi oleh calon klien yang membutuhkan jasa kita. 

  1. Toptal

Untuk Jakartans yang memiliki keahlian di bidang software developer dan desain, Toptal menjadi salah satu website yang fokus terhadap dua keahlian tersebut. Selain itu nyatanya untuk menjadi freelancer di Toptal, Jakartans sebelumnya akan dites terlebih dahulu agar dapat menjadi freelancer di website tersebut. Karena, Toptal sendiri memang dikenal sebagai website freelance khusus untuk profesional saja. 

BACA JUGA: Perlukah Membentuk Personal Branding untuk Karir?

  1. 99design

Untuk Jakartans yang sedang mencoba untuk mengisi portofolio di bidang desain, 99design dapat menjadi alternatif mencari freelance yang tepat untuk para desainer. Berbagai pekerjaan yang membutuhkan keahlian desain ada di website ini. Mulai dari membuat logo, desain kemasan, desain web, dan lain sebagainya. 

  1. Freelancer

Freelancer adalah sebuah platform global untuk freelancer yang menyediakan beragam jenis proyek dari berbagai bidang, termasuk desain, penulisan, pengembangan web, pemasaran, dan lain-lain. Melalui website ini, Jakartans memiliki kesempatan untuk memilih pekerjaan yang cocok dengan kemampuan yang dimiliki dan juga memberikan kesempatan bagi Jakartans untuk mengajukan penawaran, mirip dengan apa yang dilakukan di Upwork.

5 website tersebut adalah website yang mampu Jakartans jadikan tempat untuk mencari penghasilan tambahan. Namun, jangan lupa untuk mengerjakan kewajiban dari pekerjaan utama ya sebelum mengerjakan pekerjaan dari pekerjaan sampingan!

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM