4 Alasan Mengapa Jepang Menjadi Destinasi Wisata Favorit Semua Orang!

JAKartans, dari banyaknya negara yang ingin kalian kunjungi, terdapat satu negara yang rasanya akan selalu masuk list negara yang wajib dikunjungi. Jepang, negara di wilayah Asia Timur yang tampaknya akan selalu menjadi negara yang wajib dikunjungi untuk berlibur bagi masyarakat Indonesia.

Mengutip dari pernyataan Executive Director Japan National Tourism Organizations (JNTO) Tamaki Hatakenaka, jumah wisatawan Indonesia yang mengunjungi Jepang di bulan Januari-Juni 2023 mencapai 200.000 orang. 

Advertisement

Dari adanya angka ini, bisa dibilang Jepang memang menjadi negara yang rasanya wajib dikunjungi oleh masyarakat Indonesia apabila mereka ingin berkunjung ke negara-negara di kawasan Asia Timur.

Lantas, sebenarnya apa alasan masyarakat Indonesia sangat tertarik untuk mengunjungi Jepang?

  1. Kepopuleran Budaya Populer Jepang di Indonesia

Salah satu daya tarik Jepang di mata masyarakat Indonesia adalah budaya populer atau pop culturenya. Berbagai pop culture Jepang nyatanya sangat populer di Indonesia, mulai dari anime, manga, cosplay, sampai J-Pop nyatanya memiliki basis penggemar yang besar di Indonesia.

Dari adanya ketertarikan inilah yang akhirnya membuat masyarakat Indonesia pun menaruh rasa cinta kepada negeri ‘sakura’ tersebut. Berawal dari ketertarikan akan budaya populernya, masyarakat Indonesia pun akhirnya merasa penasaran dengan bagaimana Jepang dapat menghasilkan budaya populer tersebut. 

BACA JUGA: 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Menjadi Seorang Backpackers!

Hal ini dapat dilihat dengan beberapa lokasi wisata di Jepang yang dikunjungi oleh para wisatawan Indonesia notabenenya merupakan referensi dari anime atau manga yang masyarakat Indonesia lihat. 

  1. Perkembangan Teknologi

Selain budaya populer, salah satu daya tarik Jepang untuk para wisatawan adalah kemajuan teknologi yang mereka tawarkan. Jepang memang tidak bisa dipungkiri menjadi negara yang terdepan dalam pembahasan mengenai kemajuan teknologi. Selain dalam sektor urusan dalam negeri, perkembangan teknologi di Jepang pun dimanfaatkan untuk sektor pariwisata.

Berbagai Robot Cafe, Robot Hotel, sistem memesan makanan yang canggih, dan lain sebagainya dirasa menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Meskipun terkesan sederhana, nyatanya daya tarik tersebut sukses membuat banyak masyarakat Indonesia maupun dunia untuk berwisata di Jepang. 

  1. Budaya Tradisional yang Masih Kental

Nyatanya, meskipun dikenal dengan kemajuan teknologinya, Jepang pun pada kenyataannya menawarkan kebudayaan tradisional sebagai daya tarik wisatanya. Berbagai budaya-budaya tradisional, seperti penggunaan kimono, upacara minum teh, dan lain sebagainya menjadi daya jual tersendiri bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman menjadi masyarakat lokal. 

BACA JUGA: Kenapa Bandung Dan Bogor Jadi Destinasi Wisata Favorit Warga Jakarta?

Selain itu, berbagai daerah atau tempat di Jepang pun masih menggunakan bangunan-bangunan lama yang jauh dari kata metropolis dan lebih dekat dengan nuansa tradisional. Sehingga, Jepang menawarkan kemajuan teknologi sekaligus wisata budaya tradisional dan populer yang erat.

  1. Wisatawan Friendly

Indonesia dan Jepang pada dasarnya merupakan negara Asia yang sama-sama mengadaptasi budaya ketimuran. Sehingga, baik Jepang maupun Indonesia cenderung ramah terhadap wisatawan. 

Selain itu, beberapa spot wisata di Jepang pun nyatanya dapat dinikmati ketika JAKartans sedang berlibur bersama keluarga. Contohnya seperti Disneyland. Meskipun identik dengan wahana anak-anak, nyatanya Disneyland pun seringkali dinikmati oleh para orang dewasa. 

4 hal tersebut rasanya menjadi alasan mengapa Jepang seringkali menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Jadi, sudahkah JAKartans bersiap berlibur ke Jepang? (*/)

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM