Presiden Jokowi Resmikan LRT Jabodebek yang Mulai Beroperasi Siang Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengesahkan sistem transportasi light rapid transit Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (LRT Jabodebek) pada hari Senin (28/8/2023). Masyarakat sekarang dapat mencoba penggunaan transportasi publik ini mulai dari siang hari ini.

Terdiri dari dua rute, yaitu Cibubur yang melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP dan jalur Bekasi yang melalui Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP, jalur ini memiliki total 18 stasiun yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Advertisement

BACA JUGA: Waduh, Beroperasi Bulan Ini LRT Justru Dapat Catatan 

Jokowi menyatakan, “Alhamdulillah hari ini LRT siap dioperasikan, baik dari Harjamukti di Cibubur maupun dari Bekasi ke Jakarta. (LRT Jabodebek) memiliki panjang 41,2 km dan dibiayai sebesar Rp32,6 triliun,” diucapkannya di Stasiun Cawang.

Ia berharap dengan hadirnya LRT ini, masyarakat akan beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum. Dengan demikian, harapannya adalah kemacetan di wilayah Jakarta dan sekitarnya dapat berkurang.

Jokowi juga menjelaskan mengapa berbagai moda transportasi seperti MRT, LRT, KRL, Transjakarta, dan BRT dibangun, yaitu untuk mendorong masyarakat agar beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi massal. Ia mengakui bahwa hal ini tidaklah mudah.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Jokowi dalam pembangunan transportasi massal yang ramah lingkungan. “Kami mengucapkan terima kasih pada Presiden Jokowi yang memberikan inspirasi besar bagi perkembangan angkutan publik perkotaan yang modern dan maju. Berkat keberaniannya, setelah MRT, moda raya terpadu, sekarang kami mengoperasikan LRT Jabodebek, dan segera akan ada kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dan Bandung,” ujar Budi.

BACA JUGA: Daftar 18 Stasiun yang Bakal Disinggahi LRT Jabodebek 

Peresmian dimulai saat Jokowi menjajal kembali LRT Jabodebek dengan berangkat dari Stasiun Harjamukti, Depok pada pukul 08.20 WIB, yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana. Berbagai tokoh penting seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri BUMN Erick Thohir turut serta dalam peresmian ini.

Tarif promo sebesar Rp5.000 akan berlaku hingga akhir September, sebagai upaya untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan angkutan massal daripada kendaraan pribadi. Setelah periode promo berakhir, tarif akan menjadi Rp5.000 untuk jarak 1 km pertama, dan akan ditambahkan Rp700 per kilometer seterusnya.

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM