Transaksi Belanja di Luar Negeri Akan Semakin Mudah Dengan QRIS

 Transaksi Belanja di Luar Negeri Akan Semakin Mudah Dengan QRIS

Bank Indonesia akan meluncurkan Quick Response Indonesian Standard atau QRIS yang dapat dipakai di 4 negara ASEAN, diantaranya Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura. Dengan begitu, transaksi belanja di sejumlah negara tetangga akan semakin mudah yakni cukup dengan menggunakan QR Code yang ada di mobile banking melalui ponselnya.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, yang didampingi oleh Gubernur BI, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, pada Senin (29/8/2022).

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan inisiatif tersebut merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dalam mendorong penggunaan mata uang lokal. Selain itu, dengan peluncuran QRIS di 4 negara tersebut dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna transaksi pembayaran lintas negara sekaligus meningkatan efisiensi transaksi.

Namun untuk tahap awal, pemanfaatan QRIS baru bisa dinikmati di Thailand. Sedangkan di Malaysia, transaksi menggunakan QR code masih pada tahap uji coba yang sudah dilakukan sejak Januari 2022. Sementara untuk di Singapura, masih pada tahap penyelesaian untuk tanda tangan kerjasama antara Bank Indonesia dengan Bank Singapura.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta menjelaskan bahwa saat ini baru terdapat delapan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), yang melayani transaksi warga Indonesia di Thailand melalui QRIS. Filianingsih juga memastikan bahwa kurs dapat langsung terkonversi secara otomatis sehingga masyarakat Indonesia langsung mendebit uangnya dalam rupiah.

#GaF

ToC

Related post

×

Hello!

Silahkan klik Support untuk chat lewat WhatsApp atau kirim email ke program@jak101fm.com

× hey JAK!