Dani Alves di proses persidangannya. (Foto: Reuters/Alberto Estevez)

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga: Didakwa Penjara dan Denda, Kini Nama Alves Dihapus dari Daftar Legenda Barcelona

Eks bek sayap FC Barcelona dan Timnas Brazil, Dani Alves dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun enam bulan. Hukuman penjara itu diterima Alves pasca terbukti melakukan tindak pelecehan seksual, yaitu pemerkosaan kepada seorang wanita berusia 23 tahun di sebuah klub malam di Barcelona Desember 2022 kemarin.

Selain hukuman penjara selama empat tahun enam bulan, sosok pesepak bola dengan raihan trofi di level klub dan negara terbanyak tersebut pun dijatuhi hukuman denda sebesar 150.000 Euro atau setara dengan Rp2.546.022 Miliar.

Advertisement

Sebelumnya, Alves akan dijatuhi sanksi maksimal sesuai dengan pasal 179 pidana Spanyol, yang berarti Alves akan dijatuhi hukuman 12 tahun penjara. Namun, pada akhirnya Alves hanya akan dikurung selama empat tahun enam bulan dan juga diwajibkan untuk membayar denda sebagai bentuk kompensasi dan biaya hukum.

BACA JUGA: Baru Beres Masalah Greenwood, Kini Antony Diduga Melakukan Kasus Serupa

Dicabut Status Legenda Barca

Sosok Dani Alves memang sulit dilupakan oleh Cules (fans Barcelona). Karena, Alves sendiri sudah berseragam Barca sejak musim 2008/2009 hingga musim 2016/2017. Bersama Barca, Alves sukses menorehkan 22 gol dan 105 assist dari 408 laga resminya bersama Barca. Tidak hanya itu, Alves pun sukses memberikan sejumlah trofi, mulai dari 6 Trofi La Liga, 4 trofi Piala Spanyol, 4 trofi Piala Super Cup Spanyol, 3 Uefa Super Cup, 3 Piala Dunia Antar Klub, sampai 3 Trofi Liga Champions.

Kemudian, sebagai bukti kecintaannya terhadap klub yang sukses meraih 5 trofi Liga Champions tersebut, sosok Dani Alves sempat kembali memperkuat Barca di musim 2021/2022. Saat itu, Barca diterpa krisis keuangan yang berakibat kesulitan untuk membeli pemain. Sadar posisinya sebagai ‘legenda’ klub tersebut, Alves pun kembali memperkuat Barca dengan status bebas transfer.

Akan tetapi, buntut dari kasus pemerkosaan yang dilakukannya, nama Dani Alves dikabarkan telah dihapus dari daftar legenda klub Catalan tersebut. Dari 102 daftar naman pemain legendaris Barcelona. Nama-nama seperti Lionel Messi, dan lain sebagainya. Nama Alves yang sempat masuk ke daftar legenda Barcelona tersebut harus diikhlaskannya akibat kasus yang menimpanya.

BACA JUGA: Mason Greenwood Resmi Dilepas Manchester United

Di sepanjang karirnya, Alves sudah cukup sering melanglang buana ke berbagai klub di berbagai negara. Mulai dari Brazil, Spanyol, Prancis, hingga yang terakhir adalah Meksiko, tepatnya di salah satu klub Liga Meksiko, PUMAS.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM