eTimnas Indonesia Juarai Piala Asia eFootball Usai Mengalahkan Jepang

Timnas Indonesia memang harus mengakui kekalahannya di Piala Asia 2023. Namun, Indonesia harus berbangga karena baru saja memenangkan AFC eAsian Cup 2023 atau Piala Asia eFootball setelah mengalahkan eTimnas Jepang di babak final.

eTimnas Indonesia yang diisi oleh Akbar Paudie, Elga Cahya Putra, dan Rizky Faidan sukses mengalahkan eTimnas Jepang dengan skor 2-0 lewat skor 3-2 melalui babak adu penalti setelah bermain imbang 1-1 pada pertemuan pertama dan 1-0 di pertemuan kedua.

Advertisement

Laga final Piala Asia eFootball 2023 sendiri diadakan langsung di Qatar, tepatnya di Virtuocity Arena, Doha, Qatar. Indonesia sukses mengalahkan eTimnas Thailand 1-0 dan 2-1 sebelum mengalahkan Jepang di partai final kemarin.

BACA JUGA: Beberapa Bulan Main di Liga 1, Radja Nainggolan Langsung Curhat di Media Sosial

Atlet E-Sport Indonesia di Kancah Internasional

Kesuksesan eTimnas Indonesia di Piala Asia eFootball kemarin menunjukkan rental PS di Indonesia sukses melahirkan bibit-bibit muda yang berbakat dan dapat mengharumkan nama Indonesia melalui jalur E-Sport.

Skena E-Sport di Indonesia sendiri memang kini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Hadirnya berbagai warnet atau internet caffe dan rental PS di berbagai daerah sedikit kurangnya membawa peranan untuk mencetak bibit-bibit muda yang unggul di bidang E-Sport.

Dengan demikian, dengan semakin berkembangnya skena E-Sport di Indonesia. Tentunya akan memberikan kesempatan yang lebih untuk anak muda Indonesia untuk tampil di panggung E-Sport internasional sembari mengibarkan bendera Indonesia.

Di tahun-tahun sebelumnya, nama-nama seperti Matthew ‘Whitemon’ Fillemon, Kenny ‘Xepher’, Jason ‘Forsaken’ Susanto, dan Aaron ‘Mindfreak’ Leonhart sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah  event E-Sport internasional.

BACA JUGA: Bung Towel Jelaskan Tantangan dan Harapan untuk Timnas Indonesia Pasca Piala Asia 2023

Bantuan Negara

Kehadiran negara tentunya sangat dibutuhkan untuk memberikan support ke atlet-atle E-Sport Indonesia dan juga para developer games di Indonesia. Karena, dengan menciptakan ekosistem E-Sports yang kondusif, para atlet E-Sport ini akan mengalami kesempatan untuk berkembang.

Dibanding, meminta para developer games asal luar negeri memiliki badan hukum di Indonesia untuk memenuhi asas legalitas. Seharusnya pemerintah bisa fokus dalam pengembangan komunitas dan ekosistem E-Sport yang sehat. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM