Sosok Libero Legendaris Franz Beckenbauer Meninggal Dunia

Legenda sepak bola Jerman dan dunia, Franz Beckenbauer meninggal dunia. Sosok yang dikenal sebagai salah satu libero dan bahkan pemain  terbaik di dunia ini harus menghembuskan nafas terakhir di usia 78 tahun. Berpulangnya Franz Beckenbauer dikonfirmasi langsung oleh keluarganya melalui salah satu media di Jerman, DPA. Dalam pesan tersebut, keluarga Franz Beckenbauer menginformasikan meninggalnya Franz Beckenbauer.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan bahwa suami saya dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan tenang dalam tidurnya kemarin, Ahad, dikelilingi oleh keluarganya. Kami mohon agar Anda mengizinkan kami untuk berduka dalam keheningan dan menahan diri untuk tidak mengajukan pertanyaan apa pun.” tulis perwakilan keluarga Franz Beckenbauer kepada DPA.

Advertisement

Meninggalnya Beckenbauer sendiri disebabkan oleh kondisi kesehatannya yang terus menurun. Sebelumnya, Beckenbauer harus menghadapi operasi jantung. Selain itu, Beckenbauer dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir harus berjuang menghadapi penyakit parkinson dan juga demensia yang dialaminya.

BACA JUGA: Mengenal Cedera ACL: Cedera yang Dianggap Mampu Mematikan Karir Seorang Atlet

Profil Franz Beckenbauer

Mungkin, nama Franz Beckenbauer di telinga pecinta sepak bola di era modern ini terdengar cukup asing. Namun, sosok Franz Beckenbauer merupakan tokoh besar dalam dunia sepak bola. Mengawali karirnya bersama Bayern Munchen usai sukses menembus squad utama di tahun 1964, sosok yang awalnya bermain sebagai gelandang ini justru sukses menjadi pemain bertahan dengan nama posisi sebagai libero.

Memasuki era 70an, sosok Beckenbauer mengisi posisi sebagai libero. Bahkan, bukan hanya mengisi, Beckenbauer merupakan salah satu libero terbaik sepanjang masa.

Sebagai seorang libero, Beckenbauer akan memerankan tugas untuk memberikan perlindungan ekstra kepada pemain di posisi bek. Karena berada langsung di tengah lapangan, libero mampu memberikan perlindungan maksimal sebelum pemain lawan mencapai area penalti. Oleh karena itu, perannya sangat efektif dalam membersihkan dan menutupi ruang di belakang bek.

Keistimewaan lainnya adalah sudut pandang libero yang paling luas dibandingkan dengan pemain lainnya. Hal ini memungkinkannya untuk mengatur dan memberikan arahan atau instruksi kepada tim dengan lebih efektif. Selain itu, pada tahap ini, libero juga dapat menjaga bola dan mengantisipasi penguasaan bola kedua dari pemain lawan.

Beckenbauer pun terbukti sukses memerankan perannya sebagai seorang libero. Bahkan berbagai media barat menyebutnya sebagai sosok libero yang mampu bermain secara anggun dan kharismatik melalui visi permainan sepak bolanya.

BACA JUGA: Bukan Hanya Salto Garnacho, Berikut 5 Tendangan Salto Ikonik dalam Dunia Sepak Bola

Sukses Taklukan Dunia

Apalah arti penghargaan individu tanpa penghargaan bersama tim? Selain sukses menjadi salah satu libero terbaik di dunia. Beckenbauer pun nyatanya sukses menaklukkan dunia bersama Bayern Munchen dan juga timnas Jerman.

Bersama Bayern, dirinya sukses meraih berbagai trofi domestik dan Eropa tiga kali secara beruntun. Bersama Bayern, Beckenbauer sukses memenangkan hattrick Bundesliga di musim 1972-1974, dan juga sukses memenangkan tiga trofi Piala Eropa secara beruntun di musim 1974-1976. Bersama timnas Jerman, Beckenbauer sukses memenangkan trofi Piala Dunia 1974 sebagai pemain, dan juga sukses memenangkan trofi Piala Dunia 1990 bersama timnas Jerman sebagai pelatih.

Sukses sebagai libero terbaik di dunia dan juga meraih berbagai trofi bersama Bayern dan timnas Jerman. Beckenbauer pun sukses meraih penghargaan pemain terbaik dunia Ballon d’Or sebanyak dua kali di tahu 1972 dan 1976. selain itu Beckenbauer pun sukses meraih penghargaan pesepakbola terbaik Jerman di tahun 1966, 1968, 1974, dan 1976.

Beckenbauer resmi mengakhiri karir sebagai pesepakbola di tahun 1983 di NY Cosmos. Kemudian, Beckenbauer pun melanjutkan karir sebagai pelatih timnas Jerman di tahun 1984-1990 sebelum akhirnya menjadi Wakil Presiden FIFA di tahun 2007-2011.

Berpulangnya Beckenbauer tentunya menjadi duka untuk sepak bola dunia. Franz ‘del kaiser’ Beckenbauer selamanya akan dikagumi sebagai sosok libero terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki oleh dunia sepak bola. (*/)

(RRY)

 

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM