Profil dari Wave to Earth: Band Asal Korea Selatan yang Akan Konser di Indonesia Februari Mendatang

Industri musik Korea Selatan memang lebih dikenal dengan K-Pop. Hampir kebanyakan masyarakat Indonesia rasanya menjadi salah satu fans dari boy atau girl group K-Pop tertentu. Makanya, tidak jarang masyarakat Indonesia memandang industri musik di Korea Selatan hanya berkutat di K-Pop saja. Padahal, pada kenyataannya industri musik Korea Selatan pun tidak hanya K-Pop saja.

Salah satu band populer di Korea Selatan adalah DAY6, dan The Rose. Tapi, selain dua band tersebut, terdapat satu band yang sukses meraih perhatian masyarakat Indonesia maupun dunia. Terlebih, di tahun 2023 kemarin, band asal Korea Selatan satu ini terbilang cukup sukses dikenal melalui lagu berjudul Season’ yang digunakan sebagai BGM berbagai konten di media sosial.

Advertisement

BACA JUGA: Profil Perantaranya Band: Band Asal Kelapa Gading yang Sukses Menangkan Generasi Anak Band

Mengenal Band Wave to Earth

Wave to Earth adalah band indie asal Korea yang beranggotakan Daniel Kim sebagai gitaris/penulis lagu, Dongkyu Shin sebagai drummer, dan John Cha sebagai bassis. Memulai karir, band ini langusng merilis single berjudul ‘wave’ yang rilis di tahun 2019 lalu, dan diikuti dengan EP ‘wave 0.01’ dan ‘summer flow 0.02’ di tahun 2020.

Uniknya, kalau biasanya K-Pop menggunakan lirik dengan bahasa Korea, lagu-lagu dari Wave to Earth justru didominasi dengan lirik menggunakan bahasa Inggris. Terlebih, untuk produksinya sendiri, Wave to Earth tidak cuma terlibat di produksi musik. Melainkan di berbagai hal seperti art style, album, video clip, sampai fashion. 

BACA JUGA: Profil Perantaranya Band: Band Asal Kelapa Gading yang Sukses Menangkan Generasi Anak Band

Album 0,1 Flaws and All

Wave to Earth meluncurkan album studio perdana mereka pada 20 April 2023, yang terdiri dari 14 lagu dengan tema sentral tentang cinta. Proses persiapannya memakan waktu dua tahun, sebuah pencapaian yang diungkapkan dengan antusias oleh para anggota.

Dong Q menyatakan, “Merilis album penuh kami membutuhkan waktu yang lama, tetapi kepuasan dan kegembiraannya setara dengan usaha yang kami lakukan.”

Saat Daniel menciptakan lagu “0.1 Flaws and All”, fokusnya adalah pada ekspresi yang paling mencerminkan identitas grupnya, diluar pandangan orang lain. Daniel menjelaskan, “Saya memikirkan apa yang bisa menjadi representasi musik sejati saya. Inilah yang membawa kami ke arah album ini.”

Identitas unik band ini berasal dari kemampuan sonik mereka, menggabungkan elemen nada jazz dan lo-fi, menciptakan suara yang membedakan mereka dari yang lain.

Daniel menambahkan bahwa ia memilih untuk menulis sebagian besar lirik lagu dalam bahasa Inggris, dengan alasan bahwa ia tidak ingin membatasi jangkauan global band. Meskipun pada awalnya tidak umum bagi band Korea menulis lagu dalam bahasa Inggris, Daniel memiliki visi global untuk Wave to Earth, yang kini terbukti berhasil dengan lebih dari 5,4 juta pendengar bulanan di Spotify, mayoritas berasal dari luar negeri.

Dalam menghadapi masa depan, Dong Q menyatakan, “Kami terus mempersiapkan diri untuk menghadirkan musik yang lebih hebat. Oleh karena itu, kami mengundang minat dan cinta berkelanjutan dari kalian semua.”

BACA JUGA: 5 Barang yang Wajib Kamu Bawa Apabila Menonton Konser!

Konser di Indonesia

Wave to Earth sendiri akan menggelar konser perdana mereka di Indonesia dalam rangkaian “The First Era Concert” pada 29 Februari 2024 di Uptown Park, Summarecon Mall Serpong. Sebagai konser solo perdana mereka di Indonesia, Creative Director Ravel Entertainment, Talenta Regina Kaban, menjanjikan pengalaman penampilan yang unik dari trio Daniel Kim, John Cha, dan Shin Dong-kyu.

Talenta menyatakan, “Kali ini kita akan kembali dimanjakan oleh penampilan solo perdana Wave to Earth di Indonesia, dengan nuansa musik yang bisa meningkatkan mood dan berbeda dari konser-konser sebelumnya.”

Pengumuman ini disampaikan melalui akun media sosial resmi Wave to Earth, yang juga mengumumkan penjualan tiket dimulai pada 9 Januari 2024, dengan tiga kategori: Cat 1, Cat 2, dan VIP. Harga tiket Cat 2 Rp658 ribu, Cat 1 Rp858 ribu, sementara VIP dibanderol Rp2.388.000 dengan beragam penawaran spesial.

Wave to Earth sebelumnya telah menyapa penggemar Indonesia pada The Other Festival Mei 2023. Terbentuk pada 2019, mereka meraih perhatian dengan single debut “Wave” dan merilis debut album “0.1 Flaws and All” pada 2023, membawa mereka ke panggung konser global setelah tur Amerika Utara pada September 2023. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM