Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pamulang – Cinere – Raya Bogor, Menambah Pilihan Mobilitas Masyarakat

Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto, serta Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi, meresmikan Jalan Tol Pamulang – Cinere – Raya Bogor pada Senin (8/1/2024).

Dalam acara peresmian di Gerbang Tol Limo Utama, Depok, Jawa Barat, Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukur dengan mengatakan, “Alhamdulillah pagi ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dengan total panjang 14,8 kilometer dan total investasi yang dikeluarkan adalah Rp4 triliun.”

Advertisement

Presiden Jokowi menegaskan bahwa jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek yang sudah ada sebelumnya, mencakup ruas tol lingkar dalam (46 km), Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 (65 km), dan JORR 2 (111 km).

“Pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan masyarakat untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dan pusat-pusat layanan perkotaan lain, tanpa harus masuk ke jalan tol dalam kota dan JORR-1,” tambah Presiden Jokowi. Selain itu, diharapkan pengoperasian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor dapat memperlancar mobilitas masyarakat, barang, dan logistik serta mengurangi kemacetan di dalam kota Jakarta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa jalan tol yang baru diresmikan adalah bagian dari jaringan tol JORR 2 sepanjang 111 km, yang melingkar dari Cengkareng Bandara Soekarno-Hatta hingga Pelabuhan Tanjung Priok. “Ditargetkan seluruh ruas JORR 2 rampung pada triwulan pertama 2024. Hari ini yang diresmikan adalah ruas Cinere – Raya Bogor (11,2 km) dan Serpong Cinere seksi 2 Pamulang-Cinere (3,6 km),” ujar Menteri Basuki.

BACA JUGA: Peresmian 3 Jembatan Callender Hamilton (CH) oleh Presiden Jokowi dan Menteri Basuki Hadimuljono Membuka Era Konektivitas Baru di Jawa Tengah Selatan

Miftachul Munir, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, menyatakan bahwa dengan dioperasikannya Seksi 2 ini, Jalan Tol Serpong-Cinere dengan BUJT PT. Cinere – Serpong Jaya akan beroperasi penuh, melengkapi Seksi 1 Serpong-Pamulang yang telah beroperasi pada 2021 lalu. “Tentunya akan semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong, dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta,” kata Munir.

Warga setempat, seperti Ismail Sofyan, menyambut baik kehadiran jalan tol ini. “Dengan kehadiran jalan tol ini, perjalanan ke bandara dan Bogor menjadi lebih cepat dan efisien,” ujarnya.

Turut hadir dalam peresmian ini Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, Endra Saleh Atmawidjaja. Peresmian ini menjadi langkah signifikan dalam upaya pengembangan infrastruktur jalan tol untuk meningkatkan konektivitas dan mobilitas di kawasan Jabodetabek. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM