‘Monster’ Film Pemenang Cannes Film Festival yang Sudah Tayang di Indonesia

Belum genap satu bulan kita menjalani tahun 2024, tapi kayaknya jawaban untuk salah satu film terbaik yang tayang di Indonesia di tahun 2024 sudah memiliki jawaban. ‘Monster’, sekilas kalau JAKartans mendengar film berjudul ‘Monster’, pastinya JAKartans akan membayangkan film horor atau action sesuai dengan namanya. Namun, film ‘Monster’ garapan Hirokazu Kore-eda nyatanya membawakan isu ‘sederhana’ yang dekat dengan permasalahan di Indonesia.

‘Monster’ sendiri merupakan film yang sudah tayang lebih dulu di Jepang dan berbagai negara. Tepatnya, film satu ini pertama kali rilis di Jepang pada Juni 2023 lalu. Sebenarnya ‘Monster’ sudah sempat tayang di indonesia saat JAFF 2023 yang digelar pada November-Desember 2023. Namun, film ‘Monster’ baru dirilis secara resmi di Indonesia pada 3 Januari 2024 lalu. 

Advertisement

BACA JUGA: Tetap Kerja Walaupun Sudah Tua: Berikut 5 Alasan Mengapa Lansia di Jepang Tetap Bekerja di Usia Tua

Sinopsis Film Monster

Film ‘Monster’ sendiri sebenarnya mengangkat isu yang cukup ‘sederhana’. Menceritakan seorang single mom bernama Saori Mugiono (Sakura Endo) yang harus membesarkan anak laki-lakinya yang bernama Minato (Soya Kurokawa).

Minato sendiri merupakan anak berusia 11 tahun yang masih duduk di bangku 5 SD. Selayaknya anak pada usia tersebut, aktivitas Minato berkutat pada sekolah. Namun, pada suatu haru Saori merasakan ada yang berbeda pada sikap anaknya tersebut. Salah satu perubahan yang paling nampak dari diri Minato adalah dirinya yang selalu mengucap kalimat atau frasa yang sama, yaitu “Siapakah Monsternya?”

Sebagai seorang Ibu, tentunya Saori langsung merasa bahwa anaknya memiliki masalah yang menimpanya. Dan betull saja, Minato akhirnya mengaku bahwa dirinya telah mengalami kekerasan fisik atau bullying di sekolahnya yang dilakukan oleh wali kelasnya sendiri, yaitu Michitoshi Hori (Eita Nagayama).

Mendengar hal tersebut, Saori pun langsung mendatangi sekolah Minato dan mengecam Hori dan menuntut kejelasan atas perilakunya terhadap anaknya. Namun, bukannya mendapatkan kalimat permintaan maaf dan penyesalan yang tulus, Saori justru mendapatkan permintaan maaf yang nggak tulus dari Hori dan juga sekolah. 

Dan semenjak momen tersebutlah, kisah hubungan antara ibu, anak, dan huru di antara mereka akan terungkap. Dan uniknya, film ini akan memberikan tiga perspektif dalam kasus ini. Mulai dari sang anak, orang tua, dan juga guru. 

BACA JUGA: Film Horror Dominasi Film Terpopuler di Indonesia di Sepanjang Tahun 2023

Memenangkan Cannes Film Festival 2023

‘Monster’ sendiri merupakan karya  ke-16 dari Kore-eda. Berkolaborasi dengan Yuji Sakamoto selaku penulis naskah, ‘Monster’ sukses memenangkan kategori “Best Screenplay Awards’ di Cannes Film Festival 2023 yang juga menjadi penghargaan kedua untuk Kore-eda setelah sebelumnya mendapatkan Palme d’Or di tahun 2018 melalui film berjudul ‘Shoplifters’. 

Hirokazu Kore-eda memang dikenal sebagai salah satu sutradara terbaik di Jepang. Dari 16 karyanya, terdapat berbagai karya ikonis, seperti ‘After Life’ (1998), ‘Like Father, Like Son) (2013), ‘Shoplifters’ (2018), dan ‘Broker’ (2022). 

Jadi apakah JAKartans tertarik untuk menonton ‘Monster? ‘Monster’ sendiri dapat JAKartans tonton di bioskop seperti CGV dan Cinepolis ya! (*/)

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM