KCIC Whoosh Hadirkan Tarif Dynamic Pricing untuk Masyarakat Indonesia

Mulai dari keberangkatan tanggal 3 Februari 2024, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan menerapkan skema dynamic pricing atau tarif dinamis untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh yang lebih fleksibel. Langkah ini diambil dengan tujuan memberikan alternatif harga yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Dalam skema baru ini, tarif Whoosh kelas Premium Economy akan berkisar antara Rp150.000 hingga Rp250.000.

Dynamic Pricing: Fleksibilitas Harga untuk Penumpang

Advertisement

Penerapan skema dynamic pricing memungkinkan penumpang mendapatkan tiket Whoosh dengan harga yang lebih hemat bila melakukan perjalanan di waktu tertentu. Sejumlah faktor menjadi pertimbangan dalam menentukan tarif, seperti jam sibuk (peak hour) atau jam non-sibuk (off-peak hour), musim liburan (high season) atau di luar liburan (low season), serta hari kerja ataupun akhir pekan. Pada saat high season atau peak hour, tarif akan lebih tinggi, sementara pada off-peak hour, penumpang akan mendapatkan tarif yang lebih terjangkau.

BACA JUGA: Kereta Cepat Whoosh Capai Prestasi Mengejutkan: 1 Juta Penumpang Dalam 2 Bulan

Kemudahan Akses dan Pemesanan Tiket Whoosh

Masyarakat yang ingin menggunakan Whoosh dapat melakukan pemesanan melalui berbagai saluran resmi, termasuk aplikasi Whoosh, situs resmi ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, loket resmi di stasiun, serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Hingga 27 Januari 2024, sekitar 1,5 juta orang telah menggunakan Whoosh untuk mobilitas Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Tingkat okupansi rata-rata berkisar antara 60 hingga 80 persen, dengan puncak penggunaan terjadi di bulan November 2023 dan masa angkutan Nataru Desember 2023 – Januari 2024.

Nilai Tambah bagi Penumpang

Dynamic pricing akan memberikan nilai tambah bagi penumpang dengan memberikan fleksibilitas harga yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Penerapan skema ini akan terus dipantau dan dievaluasi untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan penumpang dan operasional Whoosh.

Penyempurnaan Layanan dan Kolaborasi dengan Destinasi Wisata

Selain melalui penerapan tarif dinamis, KCIC terus melakukan beragam peningkatan layanan untuk penumpang. KCIC telah menjalin kerjasama dengan 12 destinasi wisata, kuliner, dan penginapan ternama di wilayah Bandung. Beberapa destinasi menawarkan promo gratis tiket masuk atau diskon bagi pemegang tiket Whoosh. Destinasi tersebut antara lain Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau, dan Tepi Kota Healing.

BACA JUGA: Kereta Cepat Whoosh: Membuka Pintu Liburan Efisien dan Menyenangkan

Peningkatan Layanan dan Kesadaran Lingkungan

KCIC terus berupaya meningkatkan layanan terkait pembelian dan pembatalan tiket untuk memudahkan penumpang. Peningkatan ini juga sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dengan mengurangi kemacetan dan polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Dengan langkah-langkah ini, KCIC berharap dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi penumpang serta berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan melalui penggunaan transportasi publik yang ramah lingkungan seperti Kereta Cepat Whoosh. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM