Menko PMK Tinjau Persiapan Arus Mudik dan Beri Imbauan ke Pengendara

Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso dan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, bersama-sama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, melakukan kunjungan ke Command Center PJR Korlantas Polri KM 29 pada Senin (25/12/2023).

Menko PMK Muhadjir Effendy secara langsung memantau arus lalu lintas melalui CCTV yang terhubung dengan jalan arteri dan jalan tol. Dalam kunjungannya, ia menyampaikan bahwa kondisi lalu lintas pada pagi itu berjalan lancar tanpa kendala yang signifikan. Meskipun terdapat kenaikan arus lalu lintas dibandingkan dengan Natal tahun sebelumnya, namun kondisi tersebut masih dapat diatasi.

Advertisement

“Pagi ini saya berkunjung ke KM 29 Command Center dari Korlantas Polri, kondisi lalu lintas lancar tidak ada kendala, memang ada kenaikan dibanding Natal tahun lalu tetapi masih bisa diatasi,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy.

BACA JUGA: PT Jasamarga Terapkan Contraflow dan Optimalisasi Layanan Tol Jakarta-Cikampek Selama Musim Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Menko PMK juga memberikan perhatian khusus terhadap kendaraan yang mogok di jalan, yang menjadi salah satu penyebab potensial kemacetan. Ia mengungkapkan bahwa pada tanggal 23 Desember 2023, terdapat 39 kendaraan mogok di jalur Jakarta-Cikampek dan 14 kendaraan di MBZ. Hal ini menjadi perhatian serius, mengingat situasi tersebut tidak terjadi pada tahun sebelumnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy memberikan imbauan kepada pengendara untuk memastikan bahwa kendaraan mereka dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan. “Cek betul kondisi ban, BBM, mesin, semua dicek betul jangan sampai ada gangguan. Misalnya, ada kendaraan mogok satu, kita bisa menghitung berapa antrian dalam waktu satu jam, nanti akan mobil yang di belakangnya tidak bisa lewat, apalagi kalau itu dalam posisi arus contraflow,” ungkapnya.

Selain itu, Menko PMK menyampaikan bahwa Korlantas Polri sudah mulai mengarahkan perhatiannya terhadap destinasi wisata yang akan dikunjungi. Ia memberikan imbauan kepada masyarakat yang akan bepergian ke destinasi wisata agar memilih destinasi yang masih sepi, guna memastikan kenyamanan di tempat wisata.

“Berdasarkan pantauan dari Korlantas, jalur ke arah puncak semakin padat, begitu juga dengan wilayah Ancol. Sementara untuk Ragunan masih relatif sepi. Saya sarankan pergi wisata ke Ragunan dulu, jangan ke Ancol karena Ancol mulai padat, mungkin tidak nyaman untuk tempat wisata,” pungkas Menko PMK Muhadjir Effendy. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM