Jelang Piala Asia 2023 di Qatar, Berikut 29 Pemain Timnas Indonesia TC Turki

Jelang persiapan menghadapi Piala Asia 2023 di Qatar. PSSI resmi merilis daftar 29 pemain yang dipanggil dan juga dibawa untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia yang akan digelar di Turki. Dari 29 nama tersebut, beberapa nama lama pun terlihat menghiasi skuad yang mengikuti TC di Turki nanti.

Nama-nama seperti Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, dan Elkan Baggot masih masuk ke dalam skuad yang dipanggil TC di Tukri jelang Piala Asia 2023 di Qatar nanti. Selain nama-nama lama tersebut, sosok pemain keturunan yang baru diresmikan statusnya sebagai warga negara Indonesia, yaitu Justin Hubner pun dipanggil untuk mengikuti TC di Turki nanti.

Advertisement

Rencananya, selain untuk melakukan pemusatan latihan, Timnas Indonesia pun akan menggelar laga uji coba dua kali melawan Libya yang akan diselenggarakan di Turki nanti. Timnas Indonesia sendiri akan memulai TC pada 21 Desember hingga 6 Januari 2024 mendatang guna mempersiapkan Piala Asia 2023 yang akan diadakan pada tanggal 13 Januari 2024 mendatang.

BACA JUGA: Jalin Kerja Sama, Indonesia dan FIFA Akan Bangun Training Center Timnas di IKN!

Ajang STY untuk ‘Bereksperimen’

TC di Turki nanti tentunya menjadi ajang untuk pelatih Shin Tae-Young untuk bereksperimen. Pelatih yang akrab disapa coach Shin ini memang beberapa kali melakukan eksperimen terhadap Timnas Indonesia. Mulai dari rotasi pemain, sampai formasi tidak luput dari eksperimen STY.

Terlebih, Piala Asia 2023 sendiri menjadi Piala Asia pertama Indonesia sejak terakhir mengikutinya di tahun 2007 silam. Sehingga, tentunya sangat menarik untuk melihat bagaimana debut Timnas Indonesia di Piala Asia sejak absen di berbagai edisi sebelumnya.

Untuk formasi sendiri, salah satu pergantian yang akan dilakukan oleh STY mungkin berada di sektor penjaga gawang. Nadeo yang biasanya menjadi langganan Timnas Indonesia justru tidak dipanggil untuk mengikuti TC di Turki. Sehingga, banyak fans Timnas Indonesia yang memprediksi Ernando Ari akan menjadi kiper nomor satu bagi Timnas Indonesia.

Selain itu, sosok Justin Hubner yang bermain bersama Wolverhampton pun tentunya sangat ditunggu oleh fans Timnas Indonesia. Karena, dengan masuknya Justun Hubner, stok pemain keturunan Indonesia yang bermain di lini pertahanan pun bertambah.

Untuk lini tengah, kembalinya wonder kid Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan pun pastinya sangat ditunggu oleh khalayak pecinta sepak bola Indonesia. Sempat menepi karena cedera, kini Marselino sudah siap untuk kembali membela lambang garuda di dada.

Bukan hanya Marselino, sosok pemain keturunan yang mengisi posisi gelandang adalah Ivan Jenner yang juga harus menepi dari beberapa pertandingan Timnas. Namun, kini sosok pemain yang bermain untuk Jong Utrecht ini sudah kembali bersama Timnas Indonesia dengan mengikuti TC di Turki.

Untuk lini depan, sejauh ini sosok Rafael Struijk masih menjadi andalan di lini depan. Namun, sosok pemain lokal seperti Ramadhan Sananta, Dimas Drajad, dan Hokky Caraka siap menjadi super-sub untuk memecah kebuntuan Timnas Indonesia yang di beberapa laga sebelumnya terkendala dengan masalah finishing.

BACA JUGA: Kalah 2-0 Atas Timnas Argentina, Timnas Indonesia Tetap Tunjukan Permainan yang Beri Harapan untuk Masyarakat Indonesia

Daftar 29 pemain Timnas Indonesia TC Turki: 

Kiper:
1. Syahrul Trisna – Persikabo
2. Muhamad Riyandi – Persis Solo
3. Ernando Ari – Persebaya Surabaya

Belakang:
4. Justin Hubner – Wolverhampton
5. M. Edo Febriansah – Persib Bandung
6. Wahyu Prasetyo – PSIS Semarang
7. Rizky Ridho – Persija Jakarta
8. Jordi Amat – Johor Darul Tazim FC
9. Elkan Baggott – Ipswich Town
10. Sandy Walsh – KV Mechelen
11. Shayne Pattynama – Viking FK
12. Asnawi Mangkualam – Jeonnam Dragons
13. Pratama Arhan – Tokyo Verdy

Tengah:
14. Saddil Ramdani – Sabah FC
15. Marc Klok – Persib Bandung
16. Ricky Kambuaya – Dewa United
17. Witan Sulaeman – Persija Jakarta
18. Egy Maulana – Dewa United
19. Adam Alis – Borneo FC
20. Arkhan Fikri – Arema FC
21. Yakob Sayuri – PSM Makassar
22. Yance Sayuri – PSM Makassar
23. Marselino Ferdinan – KMSK Deinze
24. Ivar Jenner – Jong Utrecht

Depan:
25. Hokky Caraka – PSS Sleman
26. Ramadhan Sananta – Persis Solo
27. Dendy Sulistyawan – Bhayangkara Presisi FC
28. Dimas Drajad – Persikabo
29. Rafael Struick – ADO Den Haag

(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM