7 Profesi di Dunia One Piece, yang Ternyata Terinspirasi dari Profesi di Dunia Nyata!

Anime/manga tidak dapat dipungkiri sering kali mengambil referensi dari dunia nyata. Salah satu anime/manga yang sering dianggap mirip dengan kehidupan di dunia nyata adalah One Piece. Anime yang diadaptasi dari manga miliki Eichiro Oda ini dianggap memiliki kemiripan dengan berbagai hal di dunia nyata, termasuk jenis pekerjaan.

Jika umumnya profesi dalam dunia anime terkesan mengada-ngada, One Piece justru memberikan kita berbagai profesi yang rasanya ada di dunia nyata.

Advertisement

Meskipun beberapa hal dalam anime/manga One Piece tidak masuk akal. Namun, agar tetap relevan dengan keadaan dunia nyata, Eichiro Oda memasukan beberapa profesi yang memang ada di dunia nyata. Profesi apa sajakah itu?

1. Koki/Chef

Sosok Sanji yang merupakan seorang koki

Sosok Sanji sebagai kru dari Topi Jerami memang sangat ikonik. Tingkah lakunya yang unik dan skill memasaknya yang hebat, akhirnya membuat dirinya menjadi sosok koki di Kapal Sunny Go milik kru topi jerami.

Selain Sanji, nyatanya masih banyak koki-koki lain yang hadi di dunia One Piece. Misalnya, kru Restoran bajak laut Baratie. Di sana, hampi semua krnya merupakan seorang koki handal dan juga seorang bajak laut.

Dengan demikian, kehadiran Sanji dan kru Baratie menjadi bukti hadirnya profesi koki di dunia One Piece nih, JAKartans!

2. Pengrajin Mebel

Franky yang merupakan ‘tukang kayu’ dari kru Topi Jerami

Masih di dalam kru Topi Jerami, sosok nyentrik Franky nyatanya merupakan seorang pengrajin mebel milih kru Topi Jerami. Dirinya bertanggung jawab atas pembuatan interior dari kapal Sunny Go, dan juga maintenance dari kapal Sunny Go.

Selain itu, Franky pun tidak jarang untuk membuat berbagai perkakas, alat tempur, dan lain sebagainya untuk kru Topi Jerami. Sehingga, keberadaan Franky di kru Topi Jerami mungkin mirip dengan pengrajin mebel di dunia nyata.

3. Navigator

Nami, sosok yang bertanggung jawab sebagai navigator

Di kapal biasanya dibutuhkan sosok navigator agar para pelaut tidak kesasar. Sosok Nami di dunia nyata pun menjadi representasi navigator di dunia nyata. Nami bertanggung jawab untuk pembuatan peta, mencari angin, dan menjadi sosok yang paling diandalkan untuk mencari jalan menuju ke suatu pulau di dunia One Piece.

4. Arkeolog

Nico Robin yang merupakan arkeolog dari kru Topi Jerami

Nico Robin, sosok buronan Pemerintah Dunia sejak usia kecil nyatanya merupakan sosok arkeolog. Dirinya memiliki keahlian untuk membaca peta-peta dan ‘prasasti’ atau disebut dengan poneglyph di dunia One Piece. Bahkan, karena keahliannya sosok Nico Robin pun akhirnya menjadi sosok buronan pemerintah dunia.

5. Dokter

Chopper, sosok rusa-manusia yang juga seorang dokter

Biasanya, dalam dunia anime tiap karakternya mempunyai kekuatan untuk memulihkan dirinya sendiri. Tapi, di dunia one piece apabila seorang karakter terluka, mereka tetap harus membutuhkan dokter. Tony Chopper, sosok rusa-manusia yang memakan buah iblis tipe Zoan ini nyatanya menjadi sosok dokter bagi kru topi jerami loh, JAKartans!

6. Musisi

Brook, musisi serba bisa milik kru Topi Jerami

Brook, si ‘manusia tengkorak’ satu ini pun nyatanya memiliki profesi di dunia One Piece. Selain menjadi sosok yang siap bertempur bersama kru Topi Jerami. Brook pun merupakan seorang musisi bagi kru Topi Jerami.

7. Pemerintah

Pemerintah Dunia, sosok yang paling berkuasa di dunia One Piece

Jika bajak laut di dunia One Piece dianggap sebagai sosok yang ‘jahat’, maka dibutuhkan sosok yang harus melawan kejahatan tersebut. Pemerintah di dunia One Piece disebut dengan World Goverment, mereka yang mengendalikan Marine Ford untuk bergerak melawan para bajak laut.

Dan selayaknya, pemerintah di dunia nyata, World Goverment di dunia One Piece pun seringkali dikritik oleh masyarakat umum loh, JAKartans!

Nah JAKartans, 7 profesi di atas adalah profesi di dunia One Piece yang nyatanya ada juga di dunia nyata. Tentunya, masih terdapat berbagai profesi lain yang ada di dunia One Piece yang ternyata merupakan referensi dari profesi di dunia nyata. (*/)

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM