Laga Kontra Brunei Menjadi Tantangan Pertama Indonesia untuk Mewujudkan Mimpi Tampil di Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia akan segera memulai langkah pertama mereka untuk mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia 2026. Dan sebagai permulaan, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Brunei Darussalam dalam laga kualifikasi Piala Dunia putaran pertama. 

Laga leg pertama kualifikasi Piala Dunia putaran pertama yang mempertemukan Indonesia dengan Brunei Darussalam akan dihelat pada, Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB. Dari segi statistik, Indonesia memang terbilang di atas angin. Berdasarkan rangking FIFA, Indonesia bertengger di posisi ke-147, sedangkan Brunei jauh berada di peringkat 191. 

Advertisement

Kemudian, dari segi head to head 5 pertandingan terakhir, Indonesia hanya kalah sekali dan menang empat kali. Kekalahan terakhir terjadi pada tahun 1990, di ajang Pesta Sukan Merdeka dengan kekalahan 1-0. Disisi lain, kemenangan terakhir Indonesia atas Brunei baru saja terjadi pada tahun 2022 silam, Indonesia sukses membabat habis Brunei dengan skor 7-0 pada ajang Piala AFF.

Ditinggal Marselino dan Rafael Struijk

Memang, di atas kertas, Indonesia jauh lebih unggul dari Brunei. Namun, dalam dunia sepak bola apapun dapat terjadi. Terlebih dua punggawa andalan Timnas Indonesia, yaitu Marselino Ferdinan dan Rafael Struijk harus menepi karena baru saja sembuh dari cedera yang dialaminya. 

Akan tetapi, kemenangan Indonesia atas Brunei merupakan suatu keniscayaan. Terlebih, para pemain abroad seperti Pratama Arhan dan sang kapten Asnawi Mangkualam siap mengawal lini pertahanan Indonesia. 

BACA JUGA: Jalani Debut, Rafael Struick Berikan Asa Baru untuk Timnas Indonesia 

Belum lagi di lini tengah, Indonesia memiliki sosok gelandang yang selama ini dibutuh oleh Timnas Indonesia, yaitu Ivan Jenner yang dalam dua laga terakhir sukses menunjukan magisnya dalam mengontrol lini tengah Indonesia. 

Untuk lini depan, sosok Sananta diharapkan mampu menjadi sosok poacher dan goal getter bagi Timnas Indonesia. Meskipun muda, sosok Sanata dianggap menjadi satu-satunya striker murni bagi Timnas Indonesia.

Prediksi Skor

Dengan ditinggalnya Timnas Indonesia oleh Marselino dan Struijk tentunya lini tengah dan serang Indonesia akan mengalami penurunan. Terlebih, sosok Marselino merupakan golden boy milik Indonesia. Namun, bukan berarti lini tengah dan serang Indonesia akan lemah. Sosok seperti Kambuaya, Marc Klok, dan Ivan Jenner diharapkan mampu memberikan suplai bola ke lini depan Indonesia. Marc Klok melalui skill pivotnya, Kambuaya melalui determinasinya, dan Ivan Jenner melalui umpan-umpannya.

Lini tengah Indonesia pun tentunya akan mendapat bantuan dari sisi wing-back. Sosok Asnawi dan Arhan diharapkan mampu menjadi sosok pembeda bagi Timnas Indonesia melalui kecepatan dan determinasinya kedua. Sehingga, sosok Sananta pun akan mendapatkan suplai bola yang mampu dikonversikan gol olehnya.

Dengan demikian, skor 3-0 bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan oleh Indonesia. Terlebih, Indonesia pun sebelumnya pernah berpesta gol saat melawan Brunei pada tahun 2022 kemarin.(*/)

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM