6 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mendaki Gunung Meskipun Hanya Sekali!

JAKartans, kita tentunya seringkali penat dengan suasana Ibu Kota kan? Macet, asap dimana-mana, panas yang makin menyengat, dan lain sebagainya menjadi hal-hal yang sudah melekat di Jakarta.

Hiburan di Jakarta pun nyatanya makin hari makin monoton dan begitu-begitu saja. Hiburan di Jakarta kini hanya sebatas mall baru ataupun cafe kekinian saja, tidak ada hal yang refreshing yang mampu menenangkan pikiran.

Advertisement

Tetapi, pada kenyataannya terdapat salah satu cara untuk menenangkan pikiran dan  juga ‘kabur’ dari hiruk pikuk Jakarta. Yaitu dengan melakukan hiking

Indonesia tidak bisa diragukan lagi memiliki berbagai gunung yang layak dan aman untuk didaki. Terlebih, di daerah sekitar Jakarta, cukup banyak gunung-gunung yang bisa JAKartans daki. Namun, pastinya banyak dari JAKartans yang masih enggan untuk mencoba mendaki untuk pertama kali bukan?

BACA JUGA: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menjadi Seorang Backpackers! 

Melalui artikel ini, penulis ingin membagikan 6 alasan kenapa JAKartans harus mencoba untuk mendaki gunung, meskipun hanya sekali saja. Terlepas dari rasa lelah yang akan kita dapatkan, nyatanya terdapat hal-hal baik yang dapat kita dapatkan ketika mendaki suatu gunung. Lantas apa saja hal baik tersebut?

  1. Memahami Diri Sendiri
    Mendaki gunung merupakan salah satu cara terbaik untuk memahami diri sendiri. Saat melakukan pendakian, seseorang akan menyadari kelemahan yang dimiliki dan bagaimana menghadapinya. Selain itu, pendakian gunung juga mengajarkan berbagai keterampilan, seperti bertahan hidup, membaca arah, dan lainnya.
  1. Mengumpulkan Pengalaman Berharga
    Pengalaman berharga tidak dapat dihargai dengan uang. Ini adalah hal yang akan seseorang dapatkan ketika mendaki gunung. Kisah-kisah menarik, sedih, darurat, dan lucu selama pendakian akan menjadi kenangan yang berharga dan dapat dibagikan kepada teman dan keluarga.
  1. Memperluas Lingkaran Pertemanan
    Mendaki gunung juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan sosial. Selama pendakian, seseorang harus bekerja sama dengan pendaki lainnya untuk mencapai puncak dan kembali dengan selamat. Ego pribadi dikesampingkan, dan jiwa sosial diasah. Ini akan membantu seseorang untuk bertemu dengan banyak teman baru, saling membantu, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

BACA JUGA: Mengapa Alam menjadi Destinasi Wajib untuk Healing? 

  1. Mengasah Kemampuan Bertahan
    Mendaki gunung bukanlah kegiatan yang mudah. Seseorang perlu mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk menghadapi medan yang sulit dan penuh risiko. Hal ini akan mengajarkan seseorang untuk bertahan dalam berbagai aspek kehidupan, tanpa mengenal rintangan yang sulit.
  1. Meningkatkan Kesejahteraan Mental
    Mendaki gunung dapat menjadi bentuk terapi tambahan dan membantu orang yang mengalami depresi berat dan putus asa. Bagi mereka yang tidak menderita depresi, aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental.
  1. Menumbuhkan Rasa Syukur
    Melihat keindahan alam di puncak gunung dapat meningkatkan rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan. Ini juga membantu seseorang memahami pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan alam, sebagai tanda penghargaan atas pemberian Tuhan dan tanggung jawab kita terhadap bumi ini.

Lebih dari sekadar refreshing, nyatanya mendaki gunung memiliki dampak positif terhadap diri kita sendiri baik dari secara jasmani maupun rohani. Setidaknya, meskipun kita merasa lelah, terdapat hal-hal baik yang akan ikut menyertai kita guna merubah diri kita menjadi seseorang yang lebih baik.(*/)

(RRY

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM