Google Rayakan Ulang Tahun Ke-25

JAKartans, jika kalian membuka Google hari ini, kalian akan melihat perubahan pada logo Google. Jika biasanya logo Google pada tampilan utamanya bertuliskan ‘Google’, hari ini terdapat perubahan yang cukup unik pada penulisan ‘Google’ pada logo Google. 

Logo Google hari ini berubah menjadi ‘G25gle’, perubahan logo ini bukan tanpa sebab nih JAKartans. Perubahan logo Google menjadi ‘G25gle’ hari ini disebabkan karena Google kini tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-25. Sehingga, doodle Google hari ini menyesuaikan dengan ulang tahun ke-25 Google. 

Advertisement

BACA JUGA: Rilis Hari Ini, Berikut 10 Fitur Terbaru Dari IOS 17

Sejarah Google

Dalam pernyataan resmi mereka, Google mengungkap bahwa ulang tahun ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk merenungkan perjalanan mereka selama 25 tahun terakhir.

Google sendiri didirikan oleh dua mahasiswa doktoral, yaitu Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya saat itu sama-sama tengah menimba ilmu di program Ilmu Komputer Universitas Stanford di tahun 1990an. 

Seiring berjalannya waktu, baik Sergey maupun Larry, keduanya menyadari bahwa nyatanya keduanya memiliki kesamaan. Kesamaan tersebut adalah menjadikan World Wide Web (WWW) menjadi tempat yang lebih mudah diakses oleh banyak orang. 

Berawal dari kamar asrama hingga menyewa sebuah garasi, akhirnya Google In. resmi berdiri pada tanggal 27 September 1998. Google yang awalnya dirancang dari sebuah kamar asrama, kini memiliki headquarters hampir di seluruh wilayah di dunia. 

Mengalami Perubahan Nama

Awalnya, penamaan search engine paling populer ini bukanlah ‘Google’ melainkan ‘Googol’. Googol sendiri merupakan istilah dalam matematika yang merujuk ke angka 1 yang diikuti 100 angka nol di belakangnya. Penamaan Googol ini memiliki arti sebagai harapan untuk Googol dapat menjadi search engine yang tidak terbatas di dunia maya. 

Namun, pada akhirnya nama Googol berubah menjadi Google karena terjadi kesalahan yang terjadi pada penulisan di cek dan berbagai dokumen yang dilakukan oleh para investor. Sehingga, nama Googol pun berubah menjadi Google yang kini JAKartans kenal. 

BACA JUGA: Danau Toba: Bukti Nyata Keindahan Alam Indonesia 

Search Engine Paling Populer

Selama 25 tahun berdiri, JAKartans tentunya sepakat bahwa Google menjadi search engine favorit dari JAKartans maupun masyarakat dunia. Setidaknya, 94% masyarakat dunia yang menggunakan internet menggunakan Google sebagai search engine favorit mereka untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. 

Google pun menjadi search engine paling populer di dunia dengan nilai market share lebih dari 70%. Bukan hanya itu, Google pun menguasai pangsa pasar search engine melalui perangkat mobile dengan market share lebih dari 85%.

Lebih dari itu, Google setidaknya menjadi hal esensial di Indonesia. Bahkan, terdapat frasa, “Tanya aja ke Mbah Google” saking populer dan juga membantunya Google terhadap masyarakat Indonesia.(*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM