Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Ageman pada Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-78 yang Diadakan Terakhir di Istana Negara Jakarta

Kamis, (17/08//2023) Istana Negara di Jakarta mengadakan upacara kemerdekaan Indonesia ke-78. Upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin ini pun berjalan khidmat. Sejumlah tokoh nasional pun terlihat menghadiri upacara kemerdekaan Indonesia. 

Namun, nyatanya ada fakta baru terkait penyelenggaraan upacara kemerdekaan Indonesia. Tampaknya, tahun ini akan menjadi tahun terakhir bagi Istana Merdeka Jakarta dalam menjadi tuan rumah upacara sakral ini. 

Advertisement

Karena, rencananya di tahun 2024 nanti upacara kemerdekaan Indonesia yang ke-79 akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kalimantan. 

BACA JUGA: Jokowi: Dahulu Jadi Tukang Kayu, Kini jadi Sosok Nomor Satu

Meskipun menjadi tahun terakhir diadakan di Jakarta,, upacara kemerdekaan Indonesia yang ke-78 tetap berjalan dengan khidmat. 

Pukul 10.00 WIB menjadi awal dari upacara. Namun, rangkaian kegiatan akan dimulai pada pukul 7.30 WIB dengan berbagai hiburan. Sekitar pukul 9.00 WIB, duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi akan disampaikan ke istana. Empat puluh lima menit berikutnya, pasukan upacara akan memasuki halaman Istana Merdeka.

Jokowi hadir pada lokasi upacara sekitar pukul 10.00 WIB, sambil mendapatkan penghormatan yang layak. Hanya setelah itu upacara akan dimulai. Upacara tersebut akan mencakup pengibaran bendera Merah Putih oleh 76 anggota Paskibraka. Anggota Paskibraka ini terdiri dari siswa dan siswi yang mewakili 38 provinsi.

Upacara sendiri selesai pada pukul 10.40 WIB. Setelah itu, dilanjutkan dengan penampilan artis ternama. Gita Bahana Nusatara menjadi pembuka acara hiburan. Aksi flypass menggunakan jet tempur F-16 oleh TNI akan menjadi puncak dari hiburan tersebut. Tim penerbang TNI AU Pegasus juga akan ikut serta dalam aksi ini.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Usulkan PNS DKI untuk WFH Guna Memperbaiki Kualitas Udara Jakarta 

Berbagai penyanyi Indonesia pun tampil dalam perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 RI. Salah satunya adalah Putri Ariani, finalis America’s Got Talent, yang dikenal dengan lagu “Loneliness”. Kahitna, sebuah band legendaris, juga akan berpartisipasi dalam perayaan di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini. Grup musik Shine to Black dari Papua juga akan turut serta dalam perayaan kali ini.

Presiden Jokowi  hadir dalam upacara mengenakan pakaian adat. Ia menggunakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng. Bey Machmudin, Deputi Bidang Pers, Protokol, dan Media Sekretariat Presiden, menjelaskan bahwa pakaian yang dikenakan oleh Jokowi adalah serupa dengan pakaian yang dikenakan oleh raja-raja Pakubuwono Surakarta. Bey mengungkapkan bahwa Ageman ini biasa dipakai oleh raja-raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Enggar soho Tedhak Loji. 

Bey juga menambahkan bahwa Enggar Enggar soho Tedhak Loji adalah suatu acara di mana raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda, sambil dikawal oleh perangkat keraton untuk melihat kondisi masyarakat secara langsung. Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja akan membagikan uang dan makanan sebagai tanda cinta dan kasih kepada rakyatnya, yang disebut sebagai turuba (turun ke bawah). Di sisi lain, Wapres Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Sumatera Barat, yaitu Padang.

(RRY)

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM