Legenda Manchester City David Silva Umumkan Pensiun sebagai Pesepakbola

Legenda Manchester City David Silva baru saja mengumumkan untuk pensiun dari dunia sepak bola. Pilihan sulit ini terpaksa diambil oleh gelandang berusia 37 tahun akibat cedera ACL yang dialaminya.

Pemain yang kini berseragam Real Sociedad mengumumkan pensiunnya melalui unggahan di media sosial pribadinya. Dalam unggahan tersebut, David Silva yang pernah membela Valencia dan juga menjadi legenda di Manchester City mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada sepak bola dan juga klub-klub yang pernah dibelanya.

Advertisement

Kualitas David Silva sebagai seorang gelandang memang tidak dapat diragukan lagi. Terlebih, sosok David Silva di mata para Cityzens (penggemar Manchester City) lebih dari sekadar pemain biasa. Bersama City, dirinya sukses memberikan 4 gelar premier league, dan 2 gelar FA Cup. Selain itu, dari 436 laga resmi bersama City, dirinya sukses menorehkan 77 gol dan 140 assist. 

Lewat performa tersebut, tidak mengagetkan jika akhirnya David Silva selalu menjadi langganan di Timnas Spanyol. Bersama Timnas Spanyol, dirinya sukses mengemas 35 gol dari 125 laga. tapi, pencapaian terbesarnya bersama Timnas Spanyol tentunya adalah gelar juara dunia di tahun 2010, dan juga juara Eropa di tahun 2008 dan 2012.

David Silva memanglah orang Spanyol, namun dirinya pun nyatanya dicintai oleh masyarakat Inggris berkas kemagisannya di lapangan yang sukses menghibur para pecinta sepak bola Inggris dan dunia. Dan berikut ini, momen-momen tidak terlupakan dari David Silva.

  • Legenda Hidup Manchester City 


(David Silva ketika bergabung bersama Manchester City di tahun 2010)

David Silva dan Manchester City nyatanya adalah suatu kesatuan. Rasanya, tidak lengkap jika berbicara mengenai kesuksesan Manchester City tanpa membicarakan David Silva. 

Jauh sebelum City menjadi klub yang paling konsisten di dunia, dahulu City bisa dibilang hanyalah tim medioker biasa. Bahkan, di kota Manchester sendiri, seringkali klub sepak bola yang diakui sebagai perwakilan dari kota Manchester hanyalah Manchester United yang merupakan rival dari Manchester City.

Namun, semua berubah ketika Manchester City mendapatkan sokongan dana dari pemilik baru mereka. Dan David Silva menjadi salah satu pemain generasi pertama yang akhirnya menjadi kunci kesuksesan Manchester City.

Dibeli dari Valencia pada tahun 2010, David Silva sukses menjadi pemain kunci bagi Manchester City. 9 musim bersama City dirinya sukses memberikan saksi lahirnya ‘raja’ baru di Liga Inggris. 9 Musim bersama City, dirinya sukses memberikan 4 gelar premier league dan juga 2 FA Cup. Dan dirinya pun sukses menjadi pemain City pertama yang bermain sebanyak 300 laga di tahun 2020. 

Bukti pengabdiannya bersama Manchester City adalah ketika dirinya ditunjuk menjadi kapten untuk Manchester City pada musim 2019/2020. 

Selama 9 musim juga, David Silva selalu dipercaya menjadi pemain utama bagi Manchester City. Namun, sayangnya bersama City David Silva gagal memberikan trofi Champions League yang baru didapatkan City di musim 2022/2023. 

  • Bagian Dari Generasi Emas Timnas Spanyol


(David Silva sukses cetak gol untuk Spanyol di Final Euro 2012)

Selain menjadi bintang di Manchester City, nyatanya David Silva pun menjadi bagian penting bagi Timnas Spanyol untuk mendominasi dunia dan juga Eropa. Gelar juara dunia di tahun 2010 dan juga gelar juara Eropa 2008 dan 2012 menjadi buktinya.

Meskipun kala itu lini tengah Timnas Spanyol berisikan legenda lainnya seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, nama David Silva nyatanya menjadi kunci dari keberhasilan Timnas Spanyol menaklukan dunia dan Eropa.

Salah satu momen terpentingnya bersama Timnas Spanyol adalah ketika dirinya sukses mencetak gol di partai final Euro 2012 ketika Spanyol berhadapan dengan Italia. Golnya di menit 14 menjadi gol pembuka kemenangan telak Spanyol atas Italia yang berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Spanyol, sekaligus mengukuhkan gelar kedua Spanyol di ajang Euro.

  • Gelandang Terbaik Spanyol dan Dunia


(David Silva berduel dengan 3 Pemain Manchester United)

Spanyol memang dikenal dengan pemain-pemain hebat dari lini tengah. Nama-nama seperti Guardiola, Xavi, Iniesta, Xabi Alonso, dan lainnya tentunya menjadi bukti nyata kuatnya lini tengah Timnas Spanyol.

Dan David Silva, nyatanya sukses bersaing dengan pemain-pemain tersebut. Sosok David Silva menjadi sosok yang memiliki magisnya sendiri di line tengah. Meskipun tidak memiliki fisik yang kekar, ataupun kecepatan secepat Mbappe. Nyatanya, dirinya mampu menaklukan lini tengah lawan dan juga memimpin lini tengah Manchester City.

Satu hal yang dimiliki oleh David Silva adalah kecerdasan dan juga passing kelas dunia yang selalu sukses merepotkan lini tengah dan baris pertahanan lawannya. 

Sosok David Silva sukses menjadi legenda Manchester City dan juga Timnas Spanyol. Terlebih, untuk Manchester City. Sosok David Silva menjadi saksi dimulainya era Manchester City mendominasi Liga Inggris. 

 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM