Pemerintah Resmi Mencabut Status Pandemi, Berikut Kebiasaan-Kebiasaan di Era Pandemi yang Tetap Dapat Dilakukan

Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo resmi mencabut status pandemi Covd-19 di Indonesia. 

“Sejak hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi, dan kita mulai masuk ke endemi,” kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6).

Advertisement

Keputusan ini diambil Jokowi pasca mempertimbangkan konfirmasi harian kasus Covid-19 yang mendekati nihil.

“Sero survei menunjukkan 99 persen. masyarakat Indonesia miliki antobodi c19. WHO juga sudah cabut status public health emergency of international convern,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 sendiri sudah terjadi kurang lebih 3 tahun di Indonesia. Pandemi sendiri merupakan wabah penyakit yang terjadi secara serempak dengan skala wilayah yang luas. Status pandemi terhadap Covid-19 sendiri ditetapkan menjadi pandemi oleh WHO sejak Maret 2020. 

Beda dari pandemi, endemi merupakan wabah penyakit yang tersebar hanya di daerah tertentu. Meskipun sudah menjadi endemi, terdapat beberapa kebiasaan di era pandemi Covid-19 yang bisa diterapkan guna mencegah persebaran Covid-19. Kebiasaan tersebut antara lain:

1. Mencuci Tangan
Salah satu kebiasaan di era pandemi Covid-19 yang tetap harus dilakukan adalah kebiasaan mencuci tangan. Di era pandemi, hampir semua orang melakukan kebiasaan cuci tangan, baik setelah makan maupun bersentuhan secara fisik.

2. Menggunakan Masker
Memang, kewajiban penggunaan masker di tempat umum tidak lagi diwajibkan. Namun, apabila sedang merasa sakit atau tidak enak badan, ada baiknya penggunaan masker tetap dilakukan guna mencegah penyebaran penyakit yang dialami.

3. Berjemur di Pagi Hari
Salah satu kebiasaan baru di era pandemi adalah kebiasaan berjemur. Awalnya, kebiasaan berjemur di pagi hari dilakukan guna mencegah virus Covid-19 menyerang tubuh. Namun, kini kebiasaan berjemur di pagi hari dapat dilakukan sebagai langkah memperkuat imun tubuh kita. Terlebih sinar matahari sendiri banyak mengandung Vitamin D.

4. Kebiasaan Berolahraga
Salah satu kebiasaan yang harus diterapkan meskipun status pandemi dicabut adalah kebiasaan berolahraga. Sebelum era pandemi sendiri, kebiasaan olahraga justru harus dilakukan, terlebih setelah era pandemi. Manfaat dari olahraga dirasa tidak perlu disebutkan lagi. Banyak manfaat dari berolahraga mulai untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

5. Kebiasaan Gaya Hidup Digital
Kebiasaan lain yang bisa diterapkan adalah pola hidup digital. Era pandemi Covid-19 memang membuat sejumlah aktivitas kita berubah menjadi digital. Mulai dari sekolah, pekerjaan, sosialisasi dengan teman, dan lain sebagainya. Setelah status pandemi resmi dicabut, ada baiknya kita tetap mempertahankan kebiasaan gaya hidup digital agar bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM