Pemerintah Berencana Gratiskan Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk Masyarakat Dari Juli hingga Oktober

Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung akan segera selesai. Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dijadwalkan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Rencananya, setelah diresmikan, pemerintah akan menggratiskan tiket untuk masyarakat yang ingin mencoba KCJB ini. 

Advertisement

Menurut keterangan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, rencana ini akan diterapkan selama 90 hari, dari 18 Agustus 2023. 

“Dari 18 Agustus (2023) selama 90 hari, kereta api cepat akan digratiskan kepada warga, silahkan daftar nanti ada pembukaan online karena kapasitas kereta sekitar 600 penumpang,” kata Ridwan Kamil.

“Siapa yang ingin tidak bayar, semua asal bisa tiket war ya istilahnya untuk mencoba kereta api cepat tanpa bayar selama 90 hari atas arahan Bapak Presiden, sehingga semua bisa merasakan manfaat,” lanjut dia.

Senada dengan keterangan dari Gubernur Jawa Barat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengatakan hal yang sama, namun dengan rincian yang berbeda.

Menurut Menhub Budi Karya, rencana dari pemerintah pusat adalah untuk menggratiskan KCJB untuk pelaksanaan uji coba, yang rencananya akan diberlakukan dari Juli hingga Oktober nanti. 

Kemudian, Menhub Budi Karya pun menambahkan, bahwa nyatanya tidak semua masyarakat dapat menikmati tarif gratis tersebut. Nantinya, penumpang yang dapat mencoba KCJB secara gratis adalah penumpang yang memiliki kriteria khusus yang akan dipilih oleh pemerintah. 

“Penumpang belum dikenakan tarif. Gratis sampai Oktober. Nanti penumpangnya akan dipilih,” kata Budi melalui keterangan persnya di Stasiun Halim KCJB, Kamis (22/6/2023).

Disisi lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pun memberikan keterangan yang sama seperti Menhub Budi Karya. Menurutnya, masyarakat yang tinggal di area rel KCJB harus mencoba transportasi tersebut secara gratis, mulai Juli ini. 

“Kita berikan rakyat kita di sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis kereta api ini, dan itu kita harapkan mungkin Juli sudah bisa kita lakukan,” kata Luhut.

Rencana gratisnya KCJB ini dirasa dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba KCJB ini. Terlebih, pembangunan proyek ini pada awalnya mendapat tentangan dari beberapa masyarakat. Sehingga, dengan adanya rencana penggratisan KCJB, diharapkan dapat membuat masyarakat untuk mendukung proyek KCJB ini.

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM