PUPR Siapkan Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa sebagai jalur alternatif bagi para pemudik Lebaran tahun 2023.

Infrastruktur untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran 2023 pun terus dipersiapkan agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat tahun ini kebijakan pembatasan selama Pandemi Covid-19 telah ditiadakan.

Advertisement

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengharapkan para pemudik dapat menjadikan Jalur Pansela ini sebagai alternatif sehingga beban lalu lintas tidak menumpuk di jalan tol atau Jalur Pantura dan Jalur Lintas Tengah Jawa.

“Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela ini, jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai,” tuturnya.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna pada Jalur Pansela mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Posko yang disiapkan sebanyak 503 posko yang dilengkapi petugas jaga dan peralatan tanggap darurat.

– Posko Mudik tersedia di beberapa titik, diantaranya
Jalan Raya Cijulang – Green Canyon ruas Jalan Cimerak- Batas Kota Pangandaran (Pansela wilayah Jawa Barat)
– Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo (Pansela wilayah Jawa Tengah)
– Ruas Tepus – Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul (Pansela Wilayah DI Yogyakarta).

Posko akan menyediakan sejumlah informasi tentang Pansela, fasilitas istirahat, toilet, mushala, dan untuk antisipasi apabila terjadi bencana.

[VMA]

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM