Pemerintah Antisipasi Sejumlah Titik Rawan Macet di Jalan Nasional Pulau Jawa

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengantisipasi sejumlah titik rawan macet di beberapa ruas jalan nasional untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas pada libur Hari Raya Lebaran 2023.

Antisipasi dilakukan dengan penyelesaian pekerjaan hingga penyiapan posko siaga sapta taruna.

Advertisement

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja mengungkapkan kondisi jalan nasional di Pulau Jawa telah 92 persen siap. Ia juga menjelaskan bahwa saat inni Ditjen Bina Marga tengah fokus melakukan penanganan dan perbaikan pada beberapa ruas, seperti akses Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, jalur Pantura, dan penggantian Jembatan Callendar Hamilton.

“Penanganan Cikuasa Bawah sepanjang 500 m saat ini progresnya mencapai 40% dan Cikuasa Atas 980 m progres saat ini 65%. Target penanganan setelah Lebaran 2023 meliputi pelebaran Jembatan Langon A dan penambahan lajur dari oprit Fly Over Merak sampai pintu pelabuhan,” kata Endra.

Untuk akses ke Pelabuhan Ciwandan, Pemkot Cilegon juga melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan serta jembatan pada Jalan Aat Rusli.

Selain itu, pemerintah melakukan penanganan longsor pada ruas Bogor-Sukabumi dengan menyiapkan jembatan Bailey yang sudah fungsional sejak 13 Maret lalu.

Endra juga mengatakan dari 37 jembatan Callender Hamilton yang sedang diganti di Pulau Jawa, saat ini, tersisa 8 jembatan yang tengah diselesaikan, yakni Jembatan Cilamaya, Jembatan Ciasem, Jembatan Cipangaritan, Jembatan Kalijaga, Jembatan Kanci, Jamebatan Pemali, Jembatan Juana, dan Jembatan Pang.

Untuk penanganan jalan pasca tergenang banjir telah dilakukan penimbunan dan pemasangan sand bag agar air tidak masuk ke badan jalan.

“Untuk penanganan jalan pasca tergenang banjir di Pantura Jawa, khususnya pada ruas Kudus – Pati – Rembang – Bulu akibat luapan Sungai Wulan dan Sungai Juwana, telah dilakukan penimbunan dan pemasangan sand bag untuk mencegah air masuk ke badan jalan. Sementara untuk penanganan longsoran pada ruas Tomo Sumedang saat ini sudah fungsional untuk jalur lebaran 2023,” jelas Endra.

Sejumlah posko mudik Sapta Trauna juga telah disiapkan dan tersebar pada sejumlah titik, diantaranya 8 posko di Provinsi Banten, 23 posko di Provinsi Jawa Barat, 22 posko di Provinsi Jawa Tengah dan DIY, dan 9 posko di Provinsi Jawa Timur.

Endar juga memastikan seluruh jalan nasional melakukan penghentian pekerjaan 10 hari sebelum lebaran.

“Pada seluruh jalan nasional H-10 kita lakukan penghentian pekerjaan (kecuali rutin). Tidak boleh ada alat berat, tidak ada lubang, dan rumput pada bahu dan median bersih. Sementara untuk Jalur Pantura, perbaikan jalan berlubang ditargetkan selesai H-14 sebelum Lebaran,” tegasnya.

[VMA]

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM