Tol Cisumdawu Bisa Digunakan untuk Mudik Lebaran 2023

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengungkapkan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) siap digunakan oleh pemudik pada saat Libur Lebaran 2023.

“Tol Cisumdawu pada saat mudik Lebaran 2023 secara teknis sudah bisa dilalui kendaraan,” ujar Hedy di Cirebon, Jawa Barat, dikutip dari Antara (3/2).

Advertisement

Dengan dioperasikannya Tol Cisumdawu, menurut Hedy volume kendaraan lalu lintas di Tol Cipularang dapat berkurang. Hal tersebut dikarenakan kendaraan dari Bandung ke Cirebon maupun sebaliknya memanfaatkan Tol Cipularang.

Meski begitu, Hedy mewanti-wanti terkait adanya pergerakan tanah dan kepadatan lalu lintas. Perlu adanya perlakuan khusus ketika dilakukan pembukaan Tol Cisumdawu ketika lebaran nanti agar dapat dilalui dengan lancar.

“Volume kendaraan di Tol Cipularang akan berkurang, namun Dawuan Cirebon perlu diwaspadai juga, terkait kepadatannya,” ujarnya.

Hedy turut menambahkan, keberadaan Tol Cisumdawu ini biasanya akan mengundang masyarakat yang penasaran, terutama waktu dari Bandung ke Cirebon dapat ditempuh kurang dari dua jam, sehingga kepadatan akan terjadi.

“Ini pasti akan terjadi peningkatan lalu lintas, apalagi sudah sangat singkat, dan bahkan bisa mengurangi volume kendaraan di Tol CIpali,” ujar Hedy.

[BeF]

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM