Film Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Piala Oscar 2023

 Film Ngeri-Ngeri Sedap Wakili Indonesia di Piala Oscar 2023

Film karya sutradara, Bene Dion, Ngeri-Ngeri Sedap diumumkan terpilih menjadi wakil Indonesia, di ajang Piala Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95. Ngeri-Ngeri Sedap masuk dalam kategori The International Feature Film Award atau Penghargaan Film Fitur Internasional.

Academy Awards itu sendiri nantinya akan digelar pada tahun depan, tepatnya pada 12 Maret 2023. Masuknya Ngeri-Ngeri Sedap dalam kategori tersebut merupakan putusan Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022, yang diketuai oleh Deddy Mizwar.

Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film Indonesia bergenre komedi kedua yang masuk Oscar, setelah Nagabonar (1986). Film Nagabonar terdaftar sebagai film Indonesia pertama yang mengikuti kompetisi di Academy Awards, dengan kategori Best Foreign Language Film.

“Namun, sejauh ini belum pernah berhasil memboyong pulang piala Oscar dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia,” ucap Ilham Bintang, anggota Komite Senin (12/9).

Walaupun hanya tercatat sebagai penerima nominasi Festival Film Bandung tahun 2022, Ngeri-Ngeri Sedap melaju ke festival film internasional menyusul seperti film lainnya.

“Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi Oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar,” ujar Deddy Mizwar.

Sebagai informasi, Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film adaptasi dari novel yang berlatar belakang keluarga suku Batak di Sumatera Utara.

foto: IG ngeringerisedapmovie

ToC

Related post

×

Hello!

Silahkan klik Support untuk chat lewat WhatsApp atau kirim email ke program@jak101fm.com

× hey JAK!