Daop 1 Jakarta Pastikan 329 Sarana Kereta dan Lokomotif Angkutan Lebaran Dalam Kondisi Andal

Demi mendukung kesiapan sarana yang akan mendukung Angkutan Lebaran 2022, KAI Daop 1 Jakarta sudah menyiapkan 329 unit sarana yang terdiri dari 45 unit lokomotif dan 284 unit kereta penumpang serta bagasi. Seluruh sarana lokomotif dan kereta tersebut telah melewati berbagai tahapan perawatan serta pemeriksaan khusus jelang angkutan lebaran.

Selain melakukan pemeriksaan khusus, proses perawatan rutin juga telah di programkan untuk seluruh sarana lokomotif dan kereta yang dilakukan secara berkala yakni perawatan harian, 3 bulanan, 6 bulanan serta 1 tahunan.

Advertisement

Pada proses perawatan sejumlah pengecekan juga dilakukan, diantaranya pemeriksaan motor diesel, kelistrikan, sistem pengereman dan 9 item yang wajib berfungsi saat lokomotif berjalan seperti lampu sorot, suling lokomotif, wiper, lampu kabin, radio lokomotif, deadman pedal, GPS, speedometer dan pengereman.

Seluruh sarana di Daop 1 Jakarta juga telah melalui proses pemeriksaan kelaikan kesiapan operasi atau ramcheck sarana perkeretaapian Angkutan Lebaran yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

PT KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan, kenyamanan, keamanan dan kelancaran operasional perjalanan Kereta Api melalui sejumlah upaya yang dilakukan salah satu nya dari keandalan sarana Kereta dan Lokomotif. Melalui seluruh proses yang telah dijalankan, Daop 1 Jakarta meyakinkan seluruh ketersediaan sarana kereta dan lokomotif yang akan dioperasikan pada masa angkutan lebaran dalam kondisi baik

Sebagai informasi, pada momentum Lebaran 1443 H PT KAI (Persero) telah menetapkan masa Angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 22 April s.d 13 Mei 2022 atau H-10 s.d H+10 Lebaran. Pada momen tersebut rata – rata akan terdapat 59 KA per hari yang beroperasi dengan ketersediaan tempat duduk sekitar 33 ribu per hari untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan PasarSenen.

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM