Donasi 4,6 Juta Vaksin Pfizer dari Amerika Serikat untuk Indonesia Mulai Tiba

Pemerintah dan rakyat Amerika Serikat menyumbangkan 4,6 juta dosis vaksin Pfizer kepada Indonesia untuk memerangi COVID-19 di bawah kemitraan dengan COVAX. Hari ini, gelombang kedua dari 4.6 juta dosis vaksin sudah tiba di Indonesia, sisanya akan tiba dalam waktu paling lambat satu minggu ke depan. Vaksin yang aman dan efektif ini akan melindungi jiwa dan membantu mencegah penyebaran varian baru yang berbahaya di Indonesia.

Advertisement

“Kami percaya bahwa jalan keluar terbaik dari pandemi ini adalah dengan meningkatkan cakupan vaksinasi global. Bersama Pemerintah Indonesia dan mitra organisasi-organisasi masyarakat sipil, kami bekerja cepat untuk memberikan vaksin yang aman dan efektif ini kepada sebanyak mungkin orang,” demikian kata Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y. Kim.

Donasi ini merupakan tambahan dari 8 juta dosis vaksin Moderna yang telah disumbangkan Amerika Serikat ke Indonesia tahun ini. Di tingkat global, Amerika Serikat telah mengirimkan lebih dari 130 juta vaksin COVID-19 dan ratusan juta lainnya sedang dalam pengiriman. Amerika Serikat juga merupakan donor terbesar untuk inisiatif vaksin global, COVAX.

Sejak awal pandemi, Pemerintah AS telah memberikan komitmen lebih dari 77 juta dolar untuk mendukung respons COVID-19 di Indonesia. Amerika Serikat bekerja sama erat dengan Indonesia untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus, meningkatkan kapasitas laboratorium, surveilans penyakit, kemampuan respons cepat COVID-19, serta memastikan lebih banyak orang mengetahui apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri mereka dan orang lain.

Sejak bulan Maret 2020, dukungan kami telah menjangkau 165 juta orang di Indonesia—angka ini merupakan 60 persen penduduk jumlah penduduk Indonesia. Amerika Serikat telah membantu sekitar 43.000 tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat kemampuan lebih dari 1.300 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia.

Kami berkomitmen untuk terus bermitra dengan Pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam menyelamatkan jiwa dan berupaya menuju dibukanya kembali perekonomian Indonesia secara aman.

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM