Mengapa Sebagian Orang Merasa Sakit Usai Vaksinasi Covid-19?

Vaksinasi Covid-19 dapat memunculkan reaksi yang berbeda pada setiap orang. Keluhan yang muncul juga bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Ada yang mungkin merasa sakit kepala, kelelahan, atau demam.

Berdasarkan data, usia tampak turut memengaruhi kecenderungan seseorang untuk merasakan keluhan atau tidak setelah vaksinasi. penerima vaksin berusia muda memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami reaksi sistemik setelah vaksinasi Covid-19 dibandingkan penerima vaksin berusia lebih tua.

Sebagai perbandingan, ada lebih dari 60 persen penerima vaksin muda yang mengalami reaksi sistemik. Sedangkan ada sekitar 45 persen penerima vaksin berusia di atas 60 tahun yang mengalami reaksi serupa.

sebagian besar reaksi atau efek samping yang muncul pascavaksinasi umumnya ringan. Efek samping ini bisa diredakan dan diatasi dengan penggunaan ibuprofen dan tylenol. Selain itu, biasanya efek samping yang dirasakan akan menghilang setelah beberapa hari.

Reaksi-reaksi yang muncul setelah vaksinasi tidak seharusnya menjadi alasan bagi seseorang untuk takut dan enggan mendapatkan vaksin. Alasannya, reaksi-reaksi yang mungkin dirasakan setelah vaksinasi tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan gejala yang mungkin muncul bila sakit Covid-19.

sumber : republika.co.id

ToC

Related post

×

Hello!

Silahkan klik Support untuk chat lewat WhatsApp atau kirim email ke program@jak101fm.com

× hey JAK!