Relief Warisan Soekarno di Sarinah Segera Diperbaiki

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta Sarinah dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk memperbaiki relief bersejarah peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno yang belakangan menjadi perbincangan masyarakat.

Sebelumnya dunia maya sempat dihebohkan dengan penemuan relief tua di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, yang saat ini tengah direnovasi. Relief berusia 50 tahun lebih tersebut tersembunyi di ruang mesin atau ruang AHU di belakang gerai makanan cepat saji.

Menurut Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati, relief berukuran 12 meter x 3 meter itu tidak bisa diakses oleh masyarakat luas sejak tahun 1980-an karena ada perubahan tata letak atau desain ruang di gedung yang diresmikan pada tahun 1966 tersebut.

Nantinya, relief yang menggambarkan kegiatan ekonomi rakyat yang bertumpu pada pertanian, perkebunan, perikanan, dan kerajinan tersebut akan dikembalikan ke tempatnya semula yakni di tengah-tengah atrium Sarinah, sebagai daya tarik utama gedung cagar budaya.
Erick Thohir pun menyatakan relief bersejarah ini akan menjadi ikon baru Sarinah dan ditargetkan dapat diperlihatkan kepada masyarakat bersamaan dengan selesainya renovasi Sarinah pada 10 November 2021

Div.NEWS MARI

ToC

Related post

×

Hello!

Silahkan klik Support untuk chat lewat WhatsApp atau kirim email ke program@jak101fm.com

× hey JAK!