Sandiaga Uno Dorong Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Lokal dalam Strategi Promosi Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya memanfaatkan kekayaan intelektual (KI) karya kreator lokal sebagai bagian dari strategi promosi dan branding. Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara “Temu Bisnis Optimalisasi Kekayaan Intelektual Lokal” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat pada Selasa (26/03/2024).

Sandiaga Uno menegaskan bahwa Indonesia memiliki potensi kekayaan intelektual yang sangat beragam yang perlu dioptimalisasi melalui inovasi dan penguatan promosi. Dia menyatakan komitmen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan komersialisasi KI lokal sehingga bisa bersaing dengan KI internasional.

Advertisement

“Ini merupakan komitmen kami di Kemenparekraf untuk mengembangkan komersialisasi KI lokal. Sehingga bisa bersaing dengan KI internasional,” kata Sandiaga.

Dalam event tersebut, para kreator KI lokal dipertemukan dengan dunia usaha dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan tujuan memperluas pasar untuk karya-karya lokal. Sandiaga Uno mendorong para kreator lokal untuk terus melakukan inovasi dan memperkuat promosi karya mereka ke pasar.

BACA JUGA: Menparekraf: Lapangan Basket Kahf Masjid Istiqlal Perkuat Daya Tarik Wisatawan

Sandiaga juga mengajak BUMN untuk memanfaatkan produk-produk KI lokal sebagai bagian dari branding, promosi, dan penguatan produk, serta untuk membangkitkan semangat penggunaan produk buatan Indonesia.

Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari, menyatakan komitmen mereka dalam memajukan KI lokal melalui kerja sama antara BUMN dengan kreator KI lokal. Dia menegaskan bahwa Kementerian BUMN akan memastikan agar BUMN memanfaatkan KI lokal untuk mempromosikan produk-produk mereka.

“Ke depannya kami dari Kementerian BUMN juga memastikan agar BUMN memanfaatkan KI lokal untuk mempromosikan produk-produk dari BUMN,” ujar Rabin.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Staf Ahli Menparekraf Bidang Inovasi dan Kreativitas, Restog Krisna Kusuma; Staf Ahli Menparekraf Bidang Pengembangan Usaha, Masruroh; serta sejumlah perwakilan dari pelaku KI lokal.

Inisiatif yang diambil oleh Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Uno dan Kementerian BUMN ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi pengembangan industri kreatif di Indonesia serta meningkatkan apresiasi terhadap karya-karya lokal di tingkat nasional maupun internasional. (*/)

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM