3 Trofi dan Penghargaan Tertinggi Milik Lionel Messi

Mega bintang sepak bola Lionel Messi baru saja menjadi juara Leagues Cup 2023 bersama tim yang baru digabungnya selama beberapa bulan yaitu Inter Miami. Melalui trofi tersebut, Messi menjadi pesepakbola dengan torehan trofi terbanyak dengan perolehan 44 trofi mengalahkan eks rekan seklubnya, Daniel Alves dengan torehan 43 trofi.

Pasca memenangkan Piala Dunia 2022, Messi dicap oleh para fans sepak bola dunia sebagai sosok yang sukses ‘menamatkan’ sepak bola. Perolehan trofi baik di level klub, negara, maupun individu sukses diraihnya. 

Advertisement

Bersama Barcelona, Messi sukses memberikan 4 trofi Liga Champions, 10 trofi Liga Spanyol, dan 7 trofi Piala Spanyol. Berpindah ke Paris Saint Germain, Messi sukses memberikan 2 trofi Liga Prancis dan 1 trofi France Super Cup. Di level negara, Messi sukses menggendong Argentina untuk memenangkan trofi Copa America dan tentunya sukses memberi bintang ke-3 untuk Argentina dengan keluar sebagai juara dunia pada Piala Dunia 2022 lalu.

BACA JUGA: Sindir Lionel Messi, Ronaldo: Liga Arab Lebih Baik Daripada MLS 

Dengan rentetan trofi tersebut, rasanya mengatakan Messi sebagai sosok yang sukses menamatkan sepak bola bukanlah hal yang berlebihan. Karena, pada kenyataannya Messi memang sukses meraih segala trofi yang tersedia dalam dunia sepak bola, baik trofi di level klub dan negara, maupun di level individu.

Sebagai bentuk apresiasi untuk sosok Greatest of All Time (GOAT), berikut ini 3 trofi atau penghargaan terbaik Messi di level klub atau negara dan juga di level individu: 

  1. Ballon D’Or

Di level individu, Messi sukses menjadi pemain dengan perolehan Ballon D’Or terbanyak di sepanjang sejarah. Messi sukses mendapatkan 7 Ballon D’or dan kemungkinan untuk mendapatkan yang kedelapan pun masih terbuka. 

Ballon D’Or sendiri merupakan penghargaan tertinggi di level individu yang dapat diraih oleh pesepakbola. Penghargaan ini diambil berdasarkan voting para jurnalis, perwakilan pesepakbola, dan juga pelatih. Messi pun nyatanya pernah memenangkan penghargaan ini 4x berturut-turut pada edisi 2009, 2010, 2011, dan 2012. 

  1. Liga Champions

Rasanya, hampir seluruh pesepakbola dunia memiliki mimpi untuk bermain di Eropa. Liga-liga di Eropa selalu dinilai sebagai liga terbaik di dunia, sehingga rasanya bermain di Eropa menjadi sebuah pencapaian tertinggi bagi seorang pesepakbola.

Salah satu trofi yang paling diimpikan oleh para pesepakbola yang sukses bermain di Eropa selain liga domestik atau piala domestik tentunya adalah Liga Champions. Liga yang yang memiliki format seperti cup ini merupakan ajang tertinggi di level klub-klub Eropa. Semua klub terbaik dari berbagai klub di Eropa akan saling berkompetisi merebutkan trofi yang dijuluki ‘si kuping besar’ tersebut.

Pada akhirnya Messi sukses mendapatkan trofi Liga Champions tersebut sebanyak 4x bersama Barca. Bukan hanya itu, sejumlah rekor pribadi pun sukses torehkan. Messi menjadi pemain pertama yang sukses mencetak 5 gol dalam 1 laga Liga Champions dan juga sukses menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Liga Champions dengan torehan 129 gol. 

  1. Piala Dunia 

Piala Dunia pada dasarnya menjadi trofi terbesar dalam dunia sepak bola. Dan salah satu antitesis terhadap anggapan Messi sebagai pemain terbaik di dunia adalah kegagalan Messi dalam memberikan trofi Piala Dunia bagi Argentina. Karena jika dilihat, sosok-sosok yang dianggap sebagai pesepakbola terbaik dalam suatu era pada dasarnya selalu memiliki trofi Piala Dunia. Mulai dari Pele, Maradona, dan Zidane misalnya. Ketiganya nyatanya sukses memenangkan trofi Piala Dunia bersama negaranya.

BACA JUGA: Jalani Laga Kedua Bersama Inter Miami, Lionel Messi Cetak Brace 

Berbagai kritik terus diberikan terhadap Messi, dirinya dianggap gagal di level internasional bersama Argentina karena minim prestasi di level timnas. Namun, semua berubah ketika Messi dan Argentina sukses memenangkan Copa America. 

Messi setelah sukses menjadi juara di level region bersama Argentina, perlahan menunjukan kekuatan sepak bola Amerika Latin yang sempat meredup di berbagai edisi Piala Dunia. Meskipun nyaris menjadi juara di tahun 2014, namun nyatanya hal tersebut tidak cukup untuk mengukuhkan status Messi sebagai yang terbaik di dunia.

Namun, akhirnya penantian panjang Messi terbayar di tahun 2022. Bersama Argentina, dirinya sukses keluar menjadi juara dunia dengan mengalahkan Prancis dalam laga yang digadang-gadang sebagai final Piala Dunia terbaik dalam sejarah.

Tidak hanya itu, Messi pun mencetak rekor baru. Dirinya sukses menjadi pemain pertama yang mendapatkan 2 gelar pemain terbaik Piala Dunia. Dirinya sukses mendapatkan gelar tersebut di edisi Piala Dunia 2014 dan juga Piala Dunia 2022. 

Dengan trofi Piala Dunia tersebut, rasanya Messi sukses mengukuhkan statusnya menjadi pesepak bola terbaik di dunia. Terlebih, usai memenangkan League Champion bersama Inter Miami, dirinya sukses menjadi pesepakbola dengan perolehan trofi terbanyak.

(RRY)

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM