Pertamina Bakal Luncurkan BBM Baru Bulan Ini

PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan produk Bahan Bakar Minyak (BBM) baru pada bulan ini. Produk tersebut adalah campuran antara bahan bakar nabati bioetanol 5 persen ke dalam BBM jenis Pertamax.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebut peluncuran produk tersebut merupakan upaya perusahaan dalam mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, menurunkan emisi karbon, dan mewujudkan kemandirian energi.

Advertisement

“Jadi nanti kita di bulan ini, nggak apa-apa ya Pak Alfian kita bocorin dulu, kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi Pertamax itu kita campur dengan etanol,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/6), dikutip dari Detik.com

Untuk diketahui, bioetanol diproduksi dari hasil fermentasi molases atau tetes tebu. Nicke memastikan produk baru ini tidak akan mengganggu pasokan tebu untuk industri gula.

“Etanolnya itu dari molasses tebu, ini nanti rebutan nggak dengan pabrik gula? Enggak, ini cuma tetes tebu aja, jadi pabrik gula jalan ada tetes tebunya dan potensi kita besar” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan riset untuk menghasilkan bioenergi melihat Indonesia masih memiliki potensi bahan baku sebagai sumber bioetanol.

“Selain itu juga bisa dibuat dari cassava, dari singkong, dari jagung juga,” kata Nicke.

“Jadi kita akan terus lakukan riset-riset untuk menghasilkan bioenergi dari bahan baku nabati,” lanjutnya.

[VMA]

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM