Pemerintah akan Umumkan Transisi Pandemi Covid-19 menjadi Endemi di Bulan Juni

Sudah 3 tahun Indonesia berjuang dengan pandemi Covid-19. Sejak ditemukannya kasus Covid-19 Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, banyak hal terjadi di Indonesia. Mulai dari aturan-aturan terkait penanggulangan pandemi Covid-19, anjuran kebiasaan-kebiasaan guna mencegah Covid-19, sampai ke perubahan-perubahan kebiasaan masyarakat yang menyesuaikan dengan keberadaan pandemi Covid-19.

Setelah 3 tahun berlalu, perlahan pandemi Covid-19 mulai mereda. Beberapa aturan yang dulu diwajibkan pemerintah untuk penanggulangan pandemi Covid-19 sudah mulai dicabut. Transisi dari era pandemi Covid-19 menjadi era new normal pun terus dilakukan.

Advertisement

Beberapa waktu yang lalu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan surat edaran terkait masa transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi. Dimana dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa, penggunaan masker di transportasi publik sudah tidak menjadi sebuah kewajiban apabila merasa sehat.

Ada empat SE yang diterbitkan Kemenhub, yaitu SE Nomor 14 Tahun 2023 untuk transportasi darat, SE Nomor 15 untuk transportasi laut, SE Nomor 16 untuk transportasi udara, dan SE Nomor 17 untuk perkeretaapian. SE itu mulai diberlakukan pada 9 Juni 2023.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia pun sebenarnya sudah mencabut aturan kewajiban penggunaan masker di tempat umum melalui Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2023 2023 tentang Protokol Kesehatan pada Masa Transisi Endemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Lebih lanjut pemerintah Indonesia pun tengah bersiap untuk mengumumkan perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan berakhirnya pandemi Covid-19 menjadi endemi pada bulan ini. Salah satu alasan terkuat Jokowi untuk mengumumkan berakhirnya masa pandemi adalah kasus aktif yang terus berkurang dan juga vaksinasi yang sudah menyeluruh. 

“Vaksinasi kita juga sudah di atas 452 juta dosis dan lain-lainnya. Sehingga kami kemarin rapat dan sudah kami putuskan untuk masuk ke endemi. Tetapi kapan diumumkan, baru dimatangkan dalam seminggu dua minggu, insyaallah bulan ini (diumumkan),” kata Jokowi di Gedung Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Jakarta Timur, Rabu, 14 Juni 2023.

Jokowi pun menegaskan bahwa pihaknya sedang mematangkan proses peralihan dari pandemi Covid-19 menjadi endemi. 

“Ya, ini dimatangkan lah. Seminggu dua minggu ini segera diumumkan karena memang sudah semuanya sudah (landai),” ujar Jokowi.

Kabar mengenai status pandemi yang kini akan berubah menjadi endemi dirasa menjadi kabar baik bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah sangat memahami betapa sulitnya era pandemi untuk dijalani.

Berbagai sektor selama era pandemi Covid-19 merasakan begitu banyak dampak negatif, sehingga diharapkan transisi era pandemi menjadi endemi ini dapat dijadikan sebagai momentum bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali setelah sempat terjatuh di era pandemi Covid-19. 

Meskipun akan memasuki era endemi, beberapa kebiasaan dan protokol kesehatan yang pernah dilakukan pada era pandemi Covid-19 ada baiknya untuk tetap dipertahankan. Supaya, kita tidak lagi berjumpa dengan pandemi-pandemi yang lainnya. 

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM