Polri Gelar Lat Praops Operasi Komodo Jelang KTT Asean 2023 di Labuan Bajo

Jelang pelaksanaan KTT Asean Summit ke-42 di Labuan Bajo pada tanggal 06 s/d 13 Mei 2023, Mabes Polri menggelar Latihan Pra Operasi persiapan pengamanan dalam sandi Operasi Komodo Terpusat 2023 yang di adakan di aula kantor Bupati Mangarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Rabu 3 Mei 2023.

Advertisement

Gelaran Lat Pra Ops Operasi Komodo dipimpin oleh Kabaharkam Mabes Polri Komjen Pol Fadil Imran yang juga selaku Kepala Operasi, didampingi Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendy, Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma, serta dihadiri oleh para Kasatgas dan personel gabungan yang tergabung dalam Operasi Komodo Terpusat 2023.

“Tujuan diadakan lat praops ini adalah memberikan pemahamaan dari masing-masing satgas tentang tugas, fungsi dan peran dari masing-masing unsur yang berada di satgas masing-masing,” ujar Fadil.

Fadil menerangkan bahwa nantinya dari masing-masing satgas ini akan dikendalikan oleh command center. Dimana di command center tersebut berkantor Kaposko dan Kaminops yang akan mengendalikan dan mengatur keserasian dan keterpaduan keamanan yang dilaksanakan jajaran Polri.

Fadil menyatakan bahwa Polri akan menjadi garda terdepan pengamanan dari gangguan kamtibmas,kamseltibcar lantas dan gangguan lainnya, demi menjamin keamanan dan keselamatan seluruh kepala negara dan delegasi yang hadir.

“Pegang teguh tribrata dan catur prasetya, ikuti latihan praoperasi dengan baik, sehingga tahu betul tugas dan peranan masing-masing, hindari segala bentuk pelanggaran dan hal-hal yang kontraproduktif, serta jalin kemitraan dan sinergitas erat kepada seluruh penyelenggara KTT asean ini,” pesan Fadil kepada para peserta.

Pengamanan yang di turunkan Polri melibatkan 8 satgas, diantaranya Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Walrolakir, Satgas Anti Teror, Satgas Tindak, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Banops.

“Satuan yang dilibatkan terdiri dari unsur Mabes Polri, Polda NTT dan bantuan sebanyak 2.657 personel,” pungkas Fadil.

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM