Pemerintah Pastikan Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Mudik Lebaran 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan seluruh kesiapan infrastruktur dan transportasi jelang mudik Lebaran 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan ruas jalan nasional di Pulau Jawa yang siap digunakan sepanjang 4.858 km terbagi atas Lintas Utara Jawa, Lintas Tengah Jawa, Lintas Selatan Jawa, dan Pantai Selatan Jawa.

Advertisement

Selain itu, ia juga menyebut jalan tol di Pulau Jawa yang operasional sepanjang 1.716 km dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 90 TIP, serta fasilitas toilet yang jumlahnya bertambah.

“Di Pansela kondisinya sangat baik. Ada tambahan satu tempat istirahat juga di jalur Pansela tepatnya di ruas Gunung Kidul. Toilet di rest area juga ditambah, pada tahun 2022 sebanyak 6.175 toilet, tahun ini kita tambahkan 2.833 toilet sehingga totalnya 9.008 toilet yang tersebar di 117 rest area,” kata Basuki dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Selasa (4/4/2023).

Pemerintah juga melakukan penambahan sejumlah ruas tol operasi di Pulau Jawa untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023. Sejumlah ruas tol operasi, diantaranya Cinere-Jagorawi Seksi 3A dan Ramp 44-5, Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung, Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak, Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp 2, 4, 5, dan Junction Wringinanom.

Kemudian jalan tol yang akan difungsionalkan saat Lebaran 2023 sepanjang 94,3 km, yaitu
Cibitung-Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya-Cilincing
Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan
Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak
Cimanggis-Cibitung Seksi 2A Jatikarya-Cikeas
Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur-IC Gending
Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo Seksi 1.1
Jakarta Cikampek II Selatan Paket 3 SS. Sadang-SS. Kutanegara

Selain itu juga dilakukan pelebaran di Tol Tangerang-Merak Segmen Cikande-Serang Timur dan Tol Jakarta-Cikampek Jalur A dan Jalur B.

Basuki menyatakan bahwa sebagian Tol Cisumdawu telah operasional dan sisanya akan dibuka fungsional pada 15 April mendatang.

“Tol Cisumdawu, saat ini Seksi 1-3 telah operasional, sedangkan Seksi 4-6 akan dibuka fungsional tanggal 15 April 2023. Jadi sudah tembus dari Bandung ke Cirebon,” jelas Basuki.

“Untuk pengaturan lalu lintasnya akan mengikuti arahan Korlantas, apakah akan diberlakukan contraflow, one way, atau buka-tutup,” lanjutnya.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengharapkan agar koordinasi dan sinergi lintas sektoral dalam persiapan mudik Lebaran tahun 2023 dapat dilakukan secara optimal.

“Komisi V DPR RI meminta Kementerian PUPR, Kementeran Perhubungan, BMKG, Basarnas, dan Korlantas Polri mengoptimalkan koordinasi dan sinergi lintas sektoral dalam persiapan dan pelaksanaan penyelenggaraan angkutan mudik Lebaran tahun 2023,” katanya.

[VMA]

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM