Venue Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 di Danau Toba Telah Rampung

Venue Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1) atau yang biasa dikenal dengan F1H2O di Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara telah diselesaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menjelang penyelenggaraan F1H2O pada 24-26 Februari mendatang, pekerjaan fisik venue secara keseluruhan sudah mencapai 99,97 persen dan hanya menyisakan pekerjaan pembersihan area.

Advertisement

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya secara terpadu telah mendukung pembangunan infrastruktur pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Itu yang harus kita jaga betul. Prinsip penataan kawasan wisata ini adalah merubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” ujar Basuki.

Kepala Balai Pengembangan Prasarana Wilayah Sumatera Utara Syafriel Tansier mengatakan, sejumlah pembangunan infrastruktur untuk mendukung pariwisata DPSP Danau Toba telah diselesaikan, di antaranya penataan Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sidikalang Kabupaten Dairi, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat Kabupaten Simalungun, dan Pembangunan Toilet KSPN Danau Toba.

“Semoga dengan pelaksanaan event selevel internasional menjadi satu momen kebangkitan ekonomi melalui sektor pariwisata di daerah sekitar Danau Toba, dan berharap infrastruktur ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik,” kata Syafriel Tansier.

Pengembangan venue F1H2O berada di Kecamatan Balige, dengan anggaran APBN tahun 2022-2023 senilai Rp35,9 miliar.

Diketahui Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu dari lima kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DSDP).

[BeF]

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM