Terawan Prakarsai Vaksin Covid-19 Nusantara

Mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memantau penelitian Vaksin COVID-19 Nusantara, di RSUP dr. Kariadi Semarang Selasa kemarin. Penelitian vaksin tsb sudah akan masuk ke uji klinis tahap II.

Vaksin COVID-19 Nusantara digagas saat Terawan masih menjabat sebagai Menkes. Terawan mengatakan, Vaksin tsb merupakan kerja sama antara PT Rama Emerald Multi Sukses (Rama Pharma) bersama AIVITA Biomedical asal Amerika Serikat, Universitas Diponegoro (Undip), dan juga RSUP dr. Kariadi.

Vaksin Covid-19 Nusantara tsb, berbasis sel dendritik, yang merupakan sel imun yang menjadi bagian dari sistem imun. Satu vaksin hanya diperuntukkan pada satu orang atau bersifat personalisasi. Dengan demikian, vaksin tsb diyakini aman bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Terawan menambahkan, pengembangbiakan vaksin COVID-19 dengan sel dendritik akan terbentuk antigen khusus, kemudian membentuk antibodi.

Terawan belum bisa menyebut kapan vaksin tersebut siap diedarkan. Sebab, vaksin tsb juga harus lolos penilaian mutu, kualitas, dan efikasi dari BPOM ataupun kehalalan dari MUI.

Terdapat 30 relawan yang mengikuti uji klinis tahap I vaksin Nusantara. Terawan mengklaim hasilnya memuaskan, dan optimistis vaksin tsb mampu menanamkan kekebalan ke seseorang, termasuk untuk mereka yang memiliki penyakit komorbid tertentu.

Dengan adanya vaksin covid 19 Nusantara tsb, saat ini terdapat dua vaksin yang sedang dikembangkan anak bangsa, yaitu Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih.

(SA)

ToC

Related post

×

Hello!

Silahkan klik Support untuk chat lewat WhatsApp atau kirim email ke program@jak101fm.com

× hey JAK!