FIFA Paksa Belgia Ganti Jersey Karena Mengandung Unsur LGBT

FIFA dilaporkan memaksa Belgia untuk mengganti desain jersey tandang berkaitan dengan LGBT di Piala Dunia 2022.

Belgia sebenarnya baru saja memperkenalkan jersey tandang mereka pada September lalu. Jersey tandang itu dominan warna putih.

Advertisement

Di bagian leher belakang jersey tandang yang dipakai pemain De Rode Duivels terdapat tulisan ‘Satu Cinta’. Selain itu terdapat pula motif gambar pelangi di bagian lengan, bagian samping jersey, nama dan nomor punggung pemain.

Gambar pelangi tersebut dimaksudkan sebagai lambang dari nilai-nilai bersama, keragaman, dan inklusivitas.

Namun menyusul pelarangan ban kapten pelangi, FIFA kini juga mengatakan kepada Federasi Sepak Bola Belgia mereka harus menghapus kata ‘Love’ dari jersey tandang mereka.

Kepastian perubahan jersey itu diumumkan oleh CEO dari RBFA, Peter Bossaert pada Senin (21/11). Bossaert mengatakan keputusan harus diambil karena FIFA tidak memberi pihaknya pilihan.

“Kata ‘cinta’ harus hilang. Menyedihkan tetapi FIFA tidak memberi kami pilihan. Perlengkapan lainnya tidak berubah,” ujar Bossaert dilansir dari Mirror.

Dengan permintaan FIFA ini maka Eden Hazard dan kawan-kawan diperkirakan tidak akan memakai jersey tandang mereka di tiga laga fase grup. Skuad asuhan Roberto Martinez diyakini akan memakai kostum kandang saat melawan Kanada, Maroko, dan Kroasia di Grup F.

Sebelumnya enam tim peserta Piala Dunia 2022 telah dipastikan batal mengenakan ban kapten yang berisi kampanye dukungan LGBTQ+ dikarenakan ada ancaman hukuman kartu kuning yang akan diberikan FIFA untuk kapten timnas yang mengenakan aksesoris tersebut.

Keenam tim yang batal memakai ban kapten pelangi yaitu Inggris, Wales, Belgia, Belanda, Swiss, Jerman, dan Denmark.

[DAR]

Advertisement

Related post

×

Hello!

Silakan kirim email ke program@jak101fm.com untuk pertanyaan seputar JAK 101 FM

× Hey JAK FM